Bulog serap 25 ribu ton beras petani

id bulog, beras, petani, gabah

Bulog serap 25 ribu ton beras petani

Ilustrasi - Stok Beras di gudang Bulog (ANTARA FOTO)

Baturaja  (Antarasumsel.com) - Perum Bulog Subdivre Kabupaten Ogan Komering Ulu ,Sumatera Selatan, hingga awal November 2016 menyerap 25 ribu ton beras petani atau 80 persen dari target pengadaan 30 ribu ton tahun ini.

Kabulog Sub Divre Ogan Komering Ulu (OKU), Junaidi, di Baturaja, Kamis mengatakan, sisa sekitar 20 persen serapan atau sebanyak 5 ribu ton diperkirakan  mampu diserap hingga akhir Desember 2016.

"Saat ini masih banyak lahan persawahan milik petani yang belum selesai dipanen," katanya.

Mengenai serapan beras pada 2017, Junaidi mengaku pihaknya masih menargetkan sama dengan tahun 2016, yakni sebesar 30 ribu ton.

Asumsi tersebut, menurutn dia didasarkan atas hasil panen padi yang ada saat ini, serta mengukur dari daya tampung gudang Bulog.

Terkait serapan beras dari petani ini, dia mengaku, optimis dapat mencukupi kebutuhan stok beras untuk keluarga miskin (Raskin) di tiga kabupaten, bahkan menjadi pembantu penopang kebutuhan Raskin bagi beberapa daerah lainnya di Sumsel, seperti Palembang, Lahat, Muara Enim, Prabumulih, serta luar daerah yakni Bengkulu, Bangka Belitung dan Jambi.

"Selain kebutuhan Sumsel, serapan beras yang kita tampung juga dikirim ke luar daerah seperti Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung, sampai sekarang masih tetap kita lakukan," ungkapnya.

Mengenai kualitas beras yang diserap, menurut dia, kualitas beras sangat bagus yakni berkualitas medium.

Memang diakuinya, sebagian besar beras yang diserap hasil dari kontribusi Kabupaten OKU Timur merupakan ladang pertanian sawah terbesar di Sumsel selain Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

"Pasokan beras dari OKU Raya cukup besar, saingan kita hanya dari daerah Muba, kalau Musirawas masih kalah dengan kita. Jadi kita optimis hasil serapan beras dapat ikut menjadi penyanggah stok kebutuhan di Sumsel, bahkan penopang daerah lainnya," kata Junaidi.

Ia menambahkan, selain menjadi penopang pasokan beras di Sumsel dan beberapa daerah lainya, pihaknya memprediksi stok beras yang ada nantinya dapat membantu atau menyanggah stok kebutuhan nasional.