Presiden bahas penguatan NKRI bersama Prabowo

id presiden, jokowi, prabowo subianto, gerindra, nkri

Presiden bahas penguatan NKRI bersama Prabowo

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengadakan jumpa pers di beranda Istana Merdeka pada Kamis siang (17/11). (ANTARA FOTO)

....Saya tidak akan malu-malu dan segan, saya akan selalu menganjurkan kesejukan. Jadi bukan menghadapi 25 (unjuk rasa)....
Jakarta (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo telah menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membahas penguatan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya dengan Pak Prabowo membicarakan mengenai Indonesia, mengenai negara kita. Bagi kami berdua sama semangatnya yaitu demi merah putih, demi NKRI, demi Pancasila, demi Undang-Undang Dasar 1945, demi Bhinneka Tunggal Ika, kita sama," kata Presiden dalam jumpa pers di beranda Istana Merdeka pada Kamis siang.

Menurut Jokowi, dia bersama Prabowo komitmen untuk bersama menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia ditengah kemajemukan.

Ditengah hangatnya isu politik menjelang Pilkada 2017, Presiden menyampaikan agar masyarakat Indonesia tidak terpecah belah.

"Karena sangat mahal harganya bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Presiden.

Selain isu politik, Jokowi menjelaskan dia juga membahas keadaan ekonomi global dan isu internasional bersama Prabowo.

Prabowo menyambangi Istana Merdeka, Jakarta, sekitar pukul 13.45 WIB. Kepala Negara bersama Prabowo melakukan diskusi selama sekitar 1 jam dan diakhiri dengan "perbincangan beranda".

"Ini kunjungan balasan beliau dan saya kira saling mengunjungi, saling bersilaturahim adalah tradisi yang sangat baik di antara kita dan saya berharap budaya seperti ini juga sampai ke tengah sampai ke bawah," ujar Jokowi.

Sementara itu, Prabowo menyampaikan pihaknya akan terus mengurangi ketegangan di masyarakat pasca-unjuk rasa 4 November 2016 maupun rencana aksi demonstrasi 19 dan 25 November 2016.

"Saya tidak akan malu-malu dan segan, saya akan selalu menganjurkan kesejukan. Jadi bukan menghadapi 25 (unjuk rasa), tapi setiap saat saya menganjurkan, selalu, kita tidak usah gaduh, jangan gontok-gontokan, jangan tegang," kata Prabowo.

Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat pada akhir Oktober 2016 untuk membahas pembangunan bangsa termasuk keadaan politik secara makro.