Sumsel siapkan lahan sirkuit motogp seluas 120 Ha

id motogp, sirkuit, jakabaring, pu cipta karya

Sumsel siapkan lahan sirkuit motogp seluas 120 Ha

Ilustrasi - Pebalap MotoGP (Ist)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan lahan sekitar 120 hektare di kawasan Jakabaring Palembang untuk tempat pembangunan sirkuit MotoGP yang dibangun pada 2017.

Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel Basyaruddin Akhmad di Palembang, Kamis, membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel telah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan sirkuit tersebut.

Lahan yang berada di kawasan Jakabaring Palembang tersebut milik Pemerintah Provinsi Sumsel.

Dia mengatakan mengenai pembangunan akan dilaksanakan pihak ketiga, sedangkan Pemerintah Provinsi Sumsel hanya menyiapkan lahan.

Dalam persiapan pembangunan, katanya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin telah diundang Dorna ke Sepang Malaysia saat pelaksanaan MotoGP beberapa waktu, kata dia.

"Kehadiran Gubernur di sirkuit Malaysia itu untuk membahas pembangunan MotoG tersebut," ujar dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel dalam berbagai kesempatan mengatakan, lokasi pembangunan sirkuit MotoGP itu di sekitar atau di atas danau tempat kejuaraan SKI Air SEA Games lalu.

Sirkuit itu  memiliki panjang lebih dari 4,3 kilometer di mana di dalamnya terdapat tikungan.

Dia mengatakan dengan adanya sirkuit tersebut Sumsel akan semakin ramai karena setiap tahun digunakan untuk kejuaraan.

"Ini berarti dapat meningkatkan perekonomian masysrakat terutama usaha kecil dan menengah yang semakin berkembang," kata dia.

Apalagi, katanya, akomodasi di kawasan Jakabaring Palembang lebih lengkap seperti adanya jalur kereta api ringan atau LRT, wisma atlet, dan apartemen sehingga daerah akan semakin maju.