Gubernur Alex Noerdin panggil tim pengendali inflasi

id alex noerdin, gubernur sumsel, diperindag, permana, inflasi

Gubernur Alex Noerdin panggil tim pengendali inflasi

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan memanggil tim pengendali inflasi daerah mengingat harga sejumlah kebutuhan pokok mulai naik sehingga daya beli masyarakat makin menurun.

"Gubernur akan memanggil tim pengendali inflasi daerah akhir November ini," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan Permana di Palembang, Rabu.

Pihaknya telah mempersiapkan diri dan akan memberikan masukan kepada gubernur penyebab terjadinya inflasi.

Gubernur minta masukan dan solusi penyebab terjadinya inflasi di Sumatera Selatan, kata dia.

Yang jelas, kata dia, pemanggilan tim pengendali karena gubernur minta masukan terjadinya dan komoditi apa saja mengalami kenaikan harga penyebab terjadinya inflasi.

Oleh karena itu pihaknya melakukan rapat bersama dan menyiapkan bahan untuk disampaikan kepada gubernur mendatang, kata dia.

Dikatakannya, pemanggilan tim pengendali oleh gubernur nantinya dikemas menjadi pertemuan silaturahim melalui Coffe Morning.

Menurut Permana, pertemuan itu memang santai tetapi serius karena pembahasan yang dilakukan yakni dalam upaya perbaikan perekonomian daerah.

Mengenai penyebab terjadi inflasi, dia mengatakan, umumnya disebabkan kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok sehingga daya beli masyarakat menurun.

Sementara kenaikan harga sendiri akibat pasokan barang berkurang sehingga tidak sebanding dengan permintaan yang berdampak harga menjadi naik.

Selain itu terjadinya kenaikan harga karena permintaan masyarakat meningkat, seperti menghadapi hari besar Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan tahun baru, ujar dia.

Jadi itu inti pemanggilan oleh gubernur nanti sehingga pihaknya sebagai salah satu anggota tim pengendali inflasi daerah sudah mempersiapkan diri, tambah dia.