Pemkot Palembang tata kawasan wisata jelang AG

id jembatan ampera, wisata, kawasan wisata, wisatawan, menjadi tuan rumah, Asian Games XVIII

Pemkot Palembang tata kawasan wisata jelang AG

Ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera, dilihat dari atas menara Masjid Agung Palembang. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menata empat kawasan wisata unggulan untuk menarik kunjungan wisatawan pada saat menjadi tuan rumah Asian Games XVIII/2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan empat kawasan itu adalah Kawah Tengkurep, Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak dan kawasan 7 Ulu.

"Di Benteng Kuto Besak akan ditambahkan sejumlah taman sehingga penghijauan akan terasa, selain itu juga akan dibuat tugo belido seperti di kawasan wisata Merlion Park di Singapura," kata dia.

Ia mengatakan dana yang dikeluarkan untuk mempercantik Benteng Kuto Besak itu akan bersumber dari APBN senilai Rp5 miliar.

Untuk Bukit Siguntang akan direnovasi secara bertahap selama dua tahun untuk mempercantik taman-taman, memperbaiki trotoar, hingga menambah fasilitas umum.

Demikian juga dengan Kawah Tenkurep dan kawasan 7 Ulu dengan wisata sungainya.

"Sektor wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama wisata sungai karena di sini daya tarik Kota Palembang," kata dia.

Ia mengatakan, sejak awal tahun ini Pemkot Palembang telah memantapkan konsep membuat wisata sungai.

Untuk itu, Pemerintah Kota Palembang menawari investor untuk menggarap destinasi wisata sungai dalam memanfaatkan peluang menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

Belum lama ini pemkot menawari para investor asal Singapura untuk menggarap kawasan wisata River Side.

"Jika ada modal yang masuk untuk pembangunan infrastruktur, saya yakin bahwa kawasan River Side ini tidak kalah dengan yang ada di Thailand," kata dia.

Ia mengemukakan, Pemkot Palembang sudah memiliki `masterplan" untuk menjadikan Kota Palembang sebagai kota wisata sungai pertama di Indonesia.

Dalam proses pengembangan ini, Palembang akan mencontoh Thailand yang berhasil mengangkat Sungai Chao Phraya sebagai salah satu tempat wisata yang paling digemari di Asia.