Siswa SD Baturaja kagum sosok Jenderal Gatot

id siswa, kagum sosok jenderal

Siswa SD Baturaja kagum sosok Jenderal Gatot

Salah satu siswa SDN menyatakan kagum dengan sosok Jenderal Gatot (Foto antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni)

....Peringatan Hari Pahlawan ini wajib untuk mengingat dan mengenang perjuangan pahlawan. Dari kegiatan itu juga diberikan pemahaman arti dan makna serta tujuan perjuangan yang baik....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pada acara peringatan Hari Pahlawan di Sekolah Dasar Negeri 18 Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, seorang siswa Sekolah Dasar itu, yakni Araftio MZ menyatakan kekagumannya dengan sosok Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Saya bercita-cita ingin menjadi jenderal bintang empat seperti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo," kata siswa kelas VI itu pada upacara memperingati Hari Pahlawan di halaman SDN 18 Baturaja, Kamis.

Ketika ditanya oleh seorang bintara pembina desa (babinsa), Ilham Sulaiman usai upacara, Araftio mengaku ingin jadi Jenderal bintang empat seperi pak Jendral Gatot.

Tio panggilan akrab Araftio terlihat tersipu malu saat menjawab pertanyaan tersebut diiringi sorak tepuk tangan dan canda tawa dari teman-temannya terurai saat itu, bahkan Pelda TNI, Ilham langsung merangkul Tio setelah mendengar cita-citanya.

Pantauan di lapangan, suasana Sekolah Dasar (SD) Negeri 18 Ogan Komering Ulu (OKU) berbeda dari biasanya, ratusan siswa dan siswi berseragam putih merah itu terlihat antusias mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

Usai melaksanakan upacara menaikan benderah merah putih, pihak sekolah menggelar perlombaan. Lombanya juga terbilang kreatif sebagai upaya memupuk rasah cinta dan mengenang pahlawan bangsa Indonesia, para siswa siswi mulai kelas 3 sampai kelas 6 mengikuti perlombaan menggambar bertema "sosok pahlawan nasional".

Kepala Sekolah Dasar Negeri 18 Baturaja, Hj Netty Yulia mengatakan, untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, pihak sekolah mengajak siswa dan siswinya mengikuti perlombaan menggambar sosok pahlawan nasional.

Netty menambahkan, sengaja dilakukan untuk memupuk rasa cinta dan mengenalkan sosok pahlawan nasional kepada anak didik sejak dini.

"Sebelum melakukan perlombaan ini, kami menggelar upacara menaikan benderah merah putih terlebih dahulu," kata Netty.

Ia menambahkan, peringatan Hari Pahlawan ini wajib untuk mengingat dan mengenang perjuangan pahlawan. Dari kegiatan itu juga diberikan pemahaman arti dan makna serta tujuan perjuangan yang baik.

Tentunya dengan meneruskan cita-cita para pahlawan menjadikan negara bermartabat, adil dan makmur.

"Untuk meneruskan cita-cita pahlawan bangsa bukan berarti kita harus angkat senjata terus, melainkan di era sekarang ini melanjutkan perjuangan pahlawan dengan pena dan kemampuan kita sesuai perkembangan zaman," jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan kepada muridnya siapa yang bisa menggambar sosok pahlawan dalam waktu 10 menit akan dapat hadiah langsung Rp10 ribu.

Sementara, bagi yang bisa menggambar dengan waktu 5 menit akan mendapat hadiah langsung Rp50 ribu dari sekolah, katanya.