Bisnis hotel di Palembang semakin menjanjikan

id phri, hotel di palembang, bisnis penginapan

Bisnis hotel di Palembang semakin menjanjikan

Lambang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia(PHRI). (Istimewa)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bisnis perhotelan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan semakin menjanjikan meraih keuntungan, sehingga pembangunan hotel baru sekarang ini terus berlangsung.

"Palembang telah menjadi salah satu tempat tujuan pertemuan, konvensi, pameran serta tempat pertandingan olahraga berskala nasional dan internasional, dan penunjukan sebagai tuan rumah Asian Games menambah daya tarik investor masuk ke kota ini," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin, di Palembang, Rabu.

Dia menyatakan, hampir setiap bulan ada kegiatan atau event tingkat nasional maupun intenasional digelar di kota ini, panitia dan peserta kegiatan itu sudah pasti membutuhkan hotel untuk tempat acara maupun menginap.

Walaupun hotel di Bumi Sriwijaya ini sudah cukup banyak, namun selalu saja kekurangan tempat menginap setiap ada kegiatan atau event tersebut, katanya lagi.

Menurut dia, setelah sukses menjadi tuan rumah PON XVI pada 2004 dan SEA Games pada 2011, Palembang dilirik menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan nasional dan internasional.

Daya tarik kota pempek ini semakin besar setelah ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018 bersama DKI Jakarta, sehingga diharapkan tidak hanya dimanfaatkan investor dari luar Sumsel.

Kondisi itu merupakan suatu peluang bisnis yang harus dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dan masyarakat setempat, mengingat selama ini sebagian besar hotel dibangun oleh pengusaha dari luar daerah, kata dia pula.

Untuk memanfaatkan peluang bisnis yang cukup cerah itu, pengurus PHRI Sumsel mendorong pelaku usaha lokal melakukan pengembangan usaha ke sektor perhotelan dengan kelas yang lebih tinggi, dari kondisi selama ini sebagian besar membangun hotel kelas melati.

Jumlah hotel di Palembang sekarang ini sebanyak 120 buah, baik kelas bintang maupun melati, dan dalam waktu dekat akan hadir beberapa hotel baru, kata Herlan lagi.
Budisantoso Budiman