Tim dayung PPLP Sumsel rebut dua emas

id dayung, Tim Dayung Sumatera Selatan, dua medali emas, perunggu

Tim dayung PPLP Sumsel rebut dua emas

Ilustrasi-Lomba dayung . (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim Dayung Sumatera Selatan merebut dua medali emas dan dua perunggu pada Kejuaraan Nasional Dayung antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar di Danau Kayangan Rumbai Riau, 2-7 November 2016.

Dua medali emas diperoleh dari nomor doublesculle putri atas nama Rahayu Ningtyas dan Amanda Riandini Oktarini dan nomor kayak1 putra atas nama Herdrik Gunawan. Sementara perunggu dari nomor cano 1 putra 200 meter dan cano 1000 meter dengan atlet Josef.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia Sumatera Selatan, Eva Ruliningtyas di Palembang, Senin, mengatakan, keberhasilan atlet-atlet dayung ini karena persiapan cukup matang dilakukan sebelum kejurnas.

"Atlet menjalani latihan intensif cukup berat sejak setahun ini," kata dia.

Keberhasilan ini berkat diperkuat sejumlah atlet berpengalaman karena mereka juga masuk Tim PON XIX di Jawa Barat.

"Ketika mereka turun di ajang yang levelnya lebih rendah, tentunya menjadi sedikit lebih ringan," kata dia sembari menambahkan bahwa pada PON Jabar, Sumsel merebut dua medali perak.

Cabang olahraga dayung Sumsel semakin menunjukkan prestasi dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan fokus daerah dalam membina atlet-atlet muda.

Pembinaan tersebut sejatinya sudah dimulai sejak 2004 saat Sumsel menjadi tuan rumah Pekan Olahaga Nasional XVI.

Menurut Eva, sejak fokus membina atlet terdapat pedayung Sumsel yang telah memperkuat tim nasional yakni pada SEA Games 2013.

"Saat akan digiatkan lagi, karena sejak atlet senior pensiun maka ada jedah waktu untuk menunggu junior naik. Harapannya, pada PON Papua sudah bisa bicara emas," kata Eva.