KPU Musi Banyuasin bertekad jadikan pilkada terbaik

id kpu, Komisi Pemilihan Umum Daerah Musi Banyuasin, pemilihan kepala daerah serentak, Pemilihan bupati dan wakil Bupati Musi Banyuasin pada 2017

KPU Musi Banyuasin bertekad jadikan pilkada terbaik

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan bertekad menjadikan pemilihan kepala daerah serentak pada Februari 2017 di kabupaten itu sebagai pilkada terbaik secara nasional.

"Pemilihan bupati dan wakil Bupati Musi Banyuasin pada 2017 merupakan satu-satunya pilkada yang dilaksanakan di wilayah Sumsel, untuk menjadikan pilkada terbaik diupayakan terselenggara sesuai dengan tahapan dan tanpa pelanggaran," kata Ketua KPU Daerah Musi Banyuasin Ahmad Firdaus, di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, untuk menjadikan pilkada terbaik, diminta kepada kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Dodi Reza Alex Noerdin - Beni Hernedi, serta pasangan Amiri Arifin dan Ahmad Toha untuk menciptakan suasana damai dan menghindari kegiatan yang dapat melanggar aturan.

Kemudian pasangan calon diharapkan dapat melakukan pendidikan politik kepada masyarakat dan bertarunglah dengan jujur, damai, cerdas, dan berkualitas.

Selain itu, yang paling penting kedua pasangan calon diminta tidak melakukan segala bentuk politik uang (money politic) untuk mandapatkan dukungan suara terbanyak meraih kemenangan, katanya.

Dia menjelaskan, untuk menyelenggarakan pilkada di Bumi Serasan Sekate ini, seluruh tahapannya bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan diharapkan dapat terpelihara dengan baik hingga dilantiknya pasangan terpilih.

Tahapan yang cukup penting yang telah terlaksana dengan baik yakni rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati, serta deklarasi pemilihan berintegritas dan damai.

Dalam rapat pleno di Gedung Dharma Wanita Sekayu, Selasa (25/10) pasangan calon bupati dan wakil bupati Dodi Reza Alex Noerdin - Beni Hernedi yang diusung partai politik mendapatkan nomor urut satu.

Sedangkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Amiri Arifin - Ahmad Toha dari jalur independen mendapat nomor urut dua.

Kedua pasangan calon itu kemudian mengucapkan ikrar untuk menciptakan pilkada yang damai dan berintegritas, serta menandatangani ikrar tersebut dengan disaksikan Ketua KPU Sumsel Aspahani, Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas serta para pendukung/tim sukses kedua pasangan calon.