14 tewas dan 147 cedera dalam ledakan di China barat daya

id ledakan, bom, china di guncang bom, kota Ximin, Provinsi Shaanxi, sebuah rumah sakit, reruntuhan gedung

14 tewas dan 147 cedera dalam ledakan di China barat daya

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Ist)

Beijing (ANTARA Sumsel) - Suatu ledakan dahsyat di sebuah rumah di wilayah barat daya China terjadi pada Senin, sedikitnya menewaskan 14 korban dan mencederai 147 orang lainnya, menurut Kantor Berita Pemerintah, Xinhua.

Ledakan terjadi menjelang tengah hari di kota Ximin, Provinsi Shaanxi, merontokkan puluhan bangunan termasuk sebuah rumah sakit setempat, menurut Xinhua.

Penyelidikan awal oleh polisi mengisyaratkan bahwa ledakan disebabkan oleh penyimpanan bahan peledak secara tidak sah, kata Xinhua dengan menambahkan pihak berwajib telah menahan pemilik gedung dan sedang mencari penyewanya.

Sebelas korban luka sedang menjalani perawatan intensif.

Gambar-gambar yang disiarkan oleh media pemerintah menunjukkan petugas penyelamat sedang menggali reruntuhan gedung, sementara penelusuran kejadian itu melalui media sosial sudah diblok pada Selasa.

China dikenal memiliki catatan keamanan yang buruk, sebelum ini terjadi ledakan karena cara menyimpanan bahan kimia yang kurang baik atau ledakan-ledakan di perindustrian yang mudah terjadi karena penggunaan sektor tambangt batu bara yang kini sedang marak.

Serangkaian ledakan besar tahun lalu terjadi di gudang bahan kimia di kota Tianjin menewaskan 165 korban.

Kejadian ledakan lainnya juga ada yang dilakukan oleh orang untuk menangani sengketa lahan.