Baznas Sumsel terus himpun zakat masyarakat

id baznas, dana zakat, uang sedekah, zakat masyarakat, Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel, Najib Haitami

Baznas Sumsel terus himpun zakat masyarakat

Badan Amil Zakat Nasional (Antarasumsel.com/Grafis/Istimewa)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Selatan terus menghimpun zakat masyarakat di daerah tersebut, karena potensinya cukup besar.

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel, Najib Haitami di Palembang, Senin mengatakan, potensi besar itu perlu dimaksimalkan sehingga jumlah dana zakat meningkat.

Pihaknya menghimpun zakat mulai dari PNS, maupun masyarakat umum yang nantinya akan disalurkan kepada warga berhak, ujar dia.

Memang, lanjut dia, untuk menghimpun zakat dari PNS yang ada di Sumsel semua instansi sudah sepakat untuk memotong gaji para pegawai.

Namun, penghimpunan secara langsung itu masih banyak kendala di antaranya gaji PNS pada umumnya sudah banyak potongan lain, sehingga ada yang tidak lagi menerima.

Mantan Kakanwil Kementerian Agama Sumsel itu mengatakan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga mengimbau kepada para PNS untuk berinfaq atau bersadaqoh ke Baznas daerah itu secara sukarela.

Jadi jika jumlah dana zakat terus meningkat maka masyarakat kurang mampu di daerah ini akan berkurang, ujar dia.

Namun, lanjut dia, hingga sekarang pihaknya baru dapat menghimpun dana zakat dari masyarakat Sumsel sekitar Rp16 miliar yang disalurkan kepada parkir miskin, mualaf dan orang berhak menerima lainnya.

Masyarakat di daerah ini diharapkan membantu Baznas dalam arti menyumbangkan sebagian hartanya, karena akan disalurkan kepada yang berhak menerimanya, tambah Kepala Baznas Sumsel yang didampingi ketua IV Bidang Umum M Teguh Shobri itu.
(U005)