Sekda Sumsel mnta jajarannya data potensi inflasi

id inflasi, Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman, penyebab utama terjadinya inflasi, rapat pengendalian inflasi

Sekda Sumsel mnta jajarannya data potensi inflasi

Ilustrasi- Grafik inflasi (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman minta kepada jajarannya untuk mendata dan memetakan kondisi potensi inflasi di daerah masing-masing.

Dengan adanya pendataan itu maka dapat diketahui penyebab utama terjadinya inflasi, kata Mukti Sulaiman yang juga Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumsel saat rapat pengendalian inflasi di Palembang, Senin.

Menurut dia, dari data pertiga bulan komoditi penyumbang inflasi di daerah ini di antaranya perkembangan harga cabai merah, tomat sayur, beras, mie instant dan minyak goreng.

Oleh karena itu melihat hal tersebut maka usaha yang perlu dilakukan, salah satunya dengan melakukan identifikasi dan pemetaan secara baik, sehingga dapat diketahui apa penyebab terjadinya inflasi.

Jadi jajaran terkait seperti Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan juga harus memberikan motivasi kepada para petani untuk merangsang petumbuhan produksi, ujar dia.

Dia mengatakan, selain pihak Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumsel, ke depan akan menjalin kerja sama dengan pihak Kamar Dagang Indonesia (Kadin) setempat.

Hal ini karena Kadin anggotanya merupakan orang yang memiliki modal, sehingga perlu dalam mengatasi inflasi di daerah.

Sekda juga minta agar seluruh instansi terkait untuk mengantisipasi resiko akan meningkatnya inflasi memasuki akhir tahun.

Hal ini karena umumnya menjelang akhir tahun kemungkinan akan terjadi inflasi, karena belanja masyarakat meningkat.

Antisipasi sangat dibutuhkan dan bila perlu lakukan operasi pasar, kata dia.
(U005)