Locatelli bawa Milan raih kemenangan kontroversial atas Juventus

id AC Milan, Locatelli, milan, juventus, seri-a, liga italia,

Locatelli bawa Milan raih kemenangan kontroversial atas Juventus

Liga Utama Italia Serie A (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Milan (ANTARA Sumsel) - Gol mengejutkan di babak kedua yang dibukukan pemain 18 tahun Manuel Locatelli membawa AC Milan menang 1-0 atas Juventus, setelah sang juara bertahan Liga Italia mencetak gol yang secara kontroversial dianulir pada Sabtu.  
Juventus berpikir mereka telah memimpin pada babak pertama dari tendangan bebas Miralem Pjanic, namun gol itu dianulir karena offside setelah konsultasi selama dua menit antara para ofisial pertandingan.

Ini merupakan kemenangan perdana Milan atas Juventus selama hampir empat tahun, dan mengakhiri laju sembilan kekalahan beruntun dari klub Turin itu.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, gol bunuh diri Armando Izzo membawa Sampdoria menang 2-1 atas tetangga sekaligus rival sekota Genoa, pada derby Liga Italia yang berlangsung sengit pada Sabtu.

Juventus tetap memuncaki klasemen dengan 21 angka dari sembilan pertandingan, namun Milan memangkas jarak menjadi hanya dua angka.

Juventus memenangi lima gelar Liga Italia terakhir, sedangkan Milan terperangkap dalam mediokritas, namun juara Eropa tujuh kali itu melakukan start cemerlang pada musim ini di bawah pelatih baru Vincenzo Montella.

Pertandingan di San Siro merupakan laga adu taktik yang berlangsung sengit, namun diganggu kontroversi pada menit ke-35.

Pjanic melepaskan tendangan bebas dari jarak 35 meter, pemain Juve Leonardo Bonucci menjulurkan kaki dan gagal melakukan kontak dengan bola namun mengganggu kiper Milan Gianluigi Donnarumma, dan bola masuk ke dalam gawang.

Para pemain Juventus sedang kembali ke areanya menunggu pertandingan kembali dimulai, ketika wasit Nicola Rizzoli menganulir gol karena Bonucci dianggap berada dalam posisi offside meski tayangan ulang memperlihatkan ia berada pada posisi onside ketika bola dimainkan.

Locatelli menambahi rasa tidak adil yang dirasakan Juve ketika ia mengejar bola operan Suso dan melepaskan tembakan yang tidak dapat dihentikan Gianluigi Buffon pada menit ke-65.

Donnarumma (17) memastikan kemenangan Milan dengan menahan tembakan jarak jauh Sami Khedira, dengan sepakan terakhir di pertandingan itu.

Sampdoria mengakhiri laju enam pertandingan tanpa kemenangan yang mengancam posisi pelatih Marco Giampaolo, pada pertandingan yang disebut sebagai "Derby of the Lighthouse."
Nasib sial Genoa terjadi saat babak kedua memasuki menit kedua, ketika Luis Muriel mengirim umpan silang dari kanan, kiper Mattia Perrin meninju bola namun bola mengarah lurus ke Izzo yang memantulkannya masuk ke gawang.  
Penyerang asal Kolombia Muriel, yang kerap mengancam pertahanan Genoa, membawa Sampdoria memimpin pada menit ke-12 ketika ia menyepak bola yang berbuah gol setelah Quagliarella dengan cerdik menggulirkan bola ke jalur pergerakannya.

Luca Rigoni menyamakan kedudukan pada menit ke-24 dari operan Edenilson dan Izzo melihat tembakannya mengenai mistar gawang tidak lama kemudian.

Quagliarella membawa Sampdoria mendapat hadiah penalti pada fase akhir babak pertama, dan pemain yang sama bertindak sebagai eksekutor namun sepakannya dapat ditahan Perrin.