Gubernur Sumsel ajak semua pihak berantas pungli

id Pungli, pungutan liar di pemerintahan, alex nuoerdin

Gubernur Sumsel ajak semua pihak berantas pungli

Ilustrasi- Stop pungutan liar. (IST)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengajak semua pihak terutama yang menyangkut pelayanan publik untuk memberantas aksi pungutan liar, antara lain dengan cara menghindari kolusi, korupsi dan nepotisme.

Memberantas pungutan liar (Pungli) di instansi pemerintah, TNI, Polri dan lainnya menjadi salah satu fokus utama khususnya instansi yang bersinggungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat, kata gubernur usai pertemuan dengan jajaran Polda Sumsel di Palembang, Kamis.

Namun, lanjut dia, dalam mengantisipasi permasalahan itu maka diperlukan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dan transparan.

Hal ini diperlukan agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik, ujar dia.

Memang, lanjut gubernur, pungutan liar masalah yang sangat berat, besar dan tidak akan bisa diatasi bila tidak dilakukan bersama.

Oleh karena itu diminta semua pihak terutama pelayanan publik untuk berbenah dan berhati-hati, jangan sampai terjebak aksi Pungli, kata Alex Noerdin.

Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel dalam mengantisipasi hal tersebut terus dilakukan, salah satunya sudah mengumpulkan seluruh dinas dan meminta untuk berhati-hati dalam bekerja, jangan sampai terjebak dalam aksi Pungli.

Jadi bila ada yang terlibat Pungli tindakan pertama akan diingatkan, namun bila masih terulang apa boleh buat akan ditindak tegas.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk memberantas korupsi terutama dalam pelayanan masyarakat.

Pihaknya juga telah meresmikan pembayaran pajak berjaringan atau sistem online untuk memberantas pungutan liar, tambah dia.