Legislator berharap jumlah peserta pelatihan PSBR meningkat

id peserta pelatihan, pelatihan ketrampilan, panti sosial bina remaja, Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan, Rizal Kenedi

Legislator berharap jumlah peserta pelatihan PSBR meningkat

Ilustrasi- Pelatihan ketrampilan. (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Rizal Kenedi berharap jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ketrampilan di panti sosial bina remaja ditingkatkan pada tahun depan.

"Kita berharap, peserta yang mengikuti pelatihan ketrampilan ke depannya bisa ditingkatkan, karena ini sangat membantu bagi remaja yang putus sekolah," kata Rizal di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sekarang ini yang mengikuti pelatihan di PSBR itu dalam satu angkatan sebanyak 100 orang, karena lama pelatihan selama enam bulan.

Jadi, dalam satu tahun itu hanya 200 orang pesertanya, karena itu kalau bisa ke depan ditingkatkan jumlah pesertanya, katanya.

Ia mengatakan, kalau bisa peserta pelatihan ketrampilan itu ke depannya bisa menjadi 300 orang, jadi ada penambahan dari jumlah yang sekarang ini.

Di PSBR itu para remaja diberi pelatihan berbagai ketrampilan seperti menjahit, service motor, perbekelan dan lainnya.

"Nanti, mereka yang telah memiliki ketrampilan itu diharapkan bisa bekerja atau membuka usaha sendiri dengan bekal ketrampilan yang sudah dipelajari selama enam bulan tersebut," ujar wakil rakyat itu.

Ia menuturkan, kalau remaja mengikuti pelatihan di PSBR itu sudah melalui seleksi di daerah yang dilakukan oleh Dinas Sosial di kabupaten dan kota.

Para remaja yang mengikuti pelatihan tersebut tinggal di PSBR selama pelatihan. Adapun dana yang dianggarkan di unit pelaksana teknis dinas (UPTD) tersebut pada 2016 ini sebesar Rp1,1 miliar di dalam APBD provinsi Sumsel, katanya.