Dinas perikanan Musi Banyuasin optimalkan balai benih

id dinas perikanan, ikan, benih ikan, produksi ikan, budidaya ikan, peternak ikan

Dinas perikanan Musi Banyuasin optimalkan balai benih

Ilustrasi-Tambak Ikan. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya mengoptimalkan balai benih ikan yang terdapat di daerah ini untuk meningkatkan produksi ikan melalui kegiatan budidaya.

Selain itu untuk mendukung kegiatan budi daya ikan, pihaknya juga berupaya menumbuhkan unit pembenihan rakyat, dan mengembangkan pembuatan pakan alternatif, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan di daerah ini yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Untuk mengelola potensi perikanan di Bumi Serasan Sekate ini, pihaknya mendorong masyarakat melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan produksi ikan seperti melakukan budidaya baik melalui keramba di sungai maupun membuat kolam/tambak ikan memanfaatkan lahan di perkarangan rumah dan kebun.

"Peningkatan produksi melalui budi daya akan terus didorong karena produksi ikan di daerah ini sebagian besar masih tergantung dari alam sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya," kata dia.

Menurut dia, untuk mengelola potensi perikanan agar tidak tergantung dengan alam, masyarakat didorong melakukan kegiatan budi daya dan bagi yang telah melakukan kegiatan tersebut akan didorong mengembangkannya ke wilayah budi daya baru.

Kabupaten ini memiliki beragam ikan yang dapat dikembangkanbiakkan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau.

Semua jenis ikan yang ada di kabupaten ini dapat dikembangbiakkan, seperti ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang tinggi, ujar dia.