Korem Gapo siagakan ratusan prajurit antisipasi banjir

id prajurit, Korem Gapo, antisipasi banjir, tanah longsor, musim penghujan

Korem Gapo siagakan ratusan prajurit antisipasi banjir

Prajurit TNI . (ANTARA FOTO/Nova wahyudi/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Korem 044/Garuda Dempo menyiagakan ratusan prajurit untuk mengantisipasi bencana alam banjir dan tanah longsor pada musim penghujan saat ini di Sumatera Selatan.

Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya telah menyiagakan tiga satuan setingkat kompi yang masing-masing berjumlah seratus orang prajurit di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

"Mereka selalu siaga dan akan turun langsung bila terjadi banjir dan tanah longsor," katanya.

Para prajurit disiagakan bila bencana terjadi bencana banjir dan longsor mereka siap turun ke lapangan untuk membantu.

Pihaknya juga menyiapkan peralatan untuk membantu dan mengevakuasi korban, ujar dia.

Berdasarkan data daerah rawan banjir, kata dia, antara lain dataran rendah dan pinggiran sungai seperti Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Muaraenim, dan Ogan Ilir.

Sementara daerah rawan longsor antara lain Pagaralam, Empat Lawang, dan Kabupaten Ogan komering Ulu Selatan.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk mewaspadai bencana alam banjir dan tanah longsor memasuki musim penghujan sekarang ini.

"Sumsel sudah memasuki musim hujan sehingga seluruh kabupaten dan kota harus waspada dan selalu siaga banjir dan longsor, kata dia.