BPBD Sumsel minta masyarakat waspadai ancaman longsor

id longsor, bpbd, sumsel, Iriansyah , musim hujan

BPBD Sumsel minta masyarakat waspadai ancaman longsor

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumsel-Lampung yang longsor di Karang Raja, Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (5/7). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

....Longsor umumnya terjadi pada dataran tinggi dan perbukitan sehingga masyarakat di sekitar tersebut harus selalu waspada, ujar dia....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Pengendalian Bencana Daerah Sumatera Selatan minta masyarakat Sumsel untuk waspadai bencana alam longsor pada musim hujan sekarang ini.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Sumsel Iriansyah di Palembang, Senin mengatakan, sekarang ini sudah mulai memasuki musim hujan sehingga masyarakat diharapkan agar selalu waspada akan adanya bencana longsor.

"Longsor umumnya terjadi pada dataran tinggi dan perbukitan sehingga masyarakat di sekitar tersebut harus selalu waspada," ujar dia.

Menurut dia, daerah rawan longsor di Sumsel antara lain Pagaralam, Lahat, Ogan Komering Ulu Selatan dan dataran tinggi lainnya.

Umumnya bila hujan lebat dan waktu lama bisa saja terjadi tanah longsor, kata dia.

Memang, lanjut dia, pihaknya telah mengantisipasi sejak dini akan bahaya longsor termasuk banjir.

Dia mengatakan, antisipasi antara lain sosialisasi akan bahaya saat musim hujan karena bisa mengakibatkan longsor dan banjir termasuk kebakaran.

Selain itu pihaknya terus berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk menyiapkan alat berat, ujar dia.

Semua itu dilakukan tidak lain supaya bila terjadi bencana maka cepat diantisipasi, kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin minta supaya masyarakat selalu berhati-hati saat musim hujan sekarang ini.

Hal ini karena daerah ini banyak dataran rendah dan tinggi dan itu bisa saja mengakibatkan bencana bila musim hujan, tambah dia.