Pertamina sertifikasi 70 welder di ring I

id pertamina, sertifikasi welder, Pertamina RU III, peserta sertifikasi merupakan mitra kerja (outsourcing) RU III

Pertamina sertifikasi 70 welder di ring I

Penyematan tanda peserta pelatihan teknisi las di pertamina RU III. (Foto Antrasumsel.com/Susi/Indra/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Refinery Unit III kembali menggulirkan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) RU III Bidang Pemberdayaan Masyarakat melalui sertifikasi teknisi las bagi 70 tenaga kerja di wilayah ring I perusahaan tersebut.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh General Manager RU III yang diwakili SMOM, Djoko Priyono di dampingi manajemen RU III di Gedung Diklat Pertamina RU III di Palembang, Senin.

Menurut Djoko, sertifikasi welder (teknisi las) ini sudah ketiga kalinya diselenggarakan sejak tahun 2014.

Ia mengatakan, adapun tahun ini dana yang digelontorkan sebesar Rp500 juta untuk sertifikasi yang bertujuan mendukung kebutuhan teknisi las bagi operasional RU III khususnya dalam menghadapi pelaksanaan turn around (overhaul) di RU III pada November 2016.

Sertifikasi ini bekerja sama dengan Sucofindo selaku badan sertifikasi dan akan berlangsung dari 17-21 Oktober 2016, ujarnya.

Ia menyatakan, peserta sertifikasi merupakan mitra kerja (outsourcing) RU III serta pekerja kontraktor pihak ketiga yang sebagian besar merupakan masyarakat Ring I meliputi Kecamatan Plaju dan Banyuasin I.

Ia menuturkan, pekerja dari kedua wilayah tersebut sengaja dipilih, karena merupakan area terdekat wilayah operasi yang menjadi perhatian bagi Pertamina RU III, khususnya dalam bidang peningkatan kompetensi bagi para tenaga kerja ataupun teknisi potensial terdapat di dua wilayah tersebut.

Dalam sertifikasi ini nantinya para peserta akan mendapatkan materi classroom dan mempraktekannya langsung di workshop Pertamina RU III serta dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.

Ia berharap, sertifikasi ini dapat memberikan peningkatan ketrampilan dan bekal kepada para peserta teknisi, terkait kompetensi welder dalam menjalankan tugasnya.

"Kami berharap bagi para peserta sertifikasi yang lulus nantinya akan dapat menjadi teknisi las di RU III," katanya