Legislator Sumsel berharap anggaran PSBR ditingkatkan

id Rizal Kenedi, anggaran , panti sosial bina remaja, pSBR,

Legislator Sumsel berharap anggaran PSBR ditingkatkan

Rizal Kenedi (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Rizal Kenedi berharap anggaran untuk unit pelaksana tehnis daerah panti sosial bina remaja yang di bawah Dinas Sosial ditingkatkan, karena sangat diperlukan.

"Kita berharap, anggaran untuk panti sosial bina remaja (PSBR) itu ditingkatkan pada tahun depan, karena memang diperlukan dalam membantu para remaja yang putus sekolah," kata Rizal di Palembang, Jumat.

Menurut dia, beberapa hari lalu Komisi V DPRD Sumatera Selatan sudah melakukan kunjungan ke PSBR di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir guna melihat kegiatan yang dilaksanakan di sana.

Ia mengatakan, di PSBR itu para remaja diberi pelatihan berbagai ketrampilan seperti menjahit, service motor, perbekelan dan lainnya.

Untuk pelatihan remaja putus sekolah itu dalam satu tahun ada dua angkatan yaitu sebanyak 200 orang.

Jadi, satu angkatan itu sebanyak 100 orang, karena lama pelatihan selama enam bulan, katanya.

Ia menuturkan, kalau remaja mengikuti pelatihan di PSBR itu sudah melalui seleksi di daerah yang dilakukan oleh Dinas Sosial di kabupaten dan kota.

Para remaja yang mengikuti pelatihan tinggal di PSBR selama pelatihan, karena itu perlu ditingkatkan anggarannya.

Ia menyatakan, pada tahun 2016 ini dana untuk itu dianggarkan sebesar Rp1,1 miliar di dalam APBD provinsi Sumsel.

"Oleh karena itu, kita berharap anggaran ditingkatkan pada tahun depan, karena sangat membantu bagi mereka yang putus sekolah," ujarnya.

Selain itu juga diharapkan mereka yang mengikuti pelatihan ketrampilan tersebut ditingkatkan jumlahnya dari 200 orang per tahun menjadi 300 orang, katanya.