Pemkot Palembang galakkan program gemar makan ikan

id pemkot, pemkot palembang, sekda, harobin, gemar makan ikan, galakkan gemar makan ikan, tingkat konsumsi ikan tinggi

Pemkot Palembang galakkan program gemar makan ikan

Sekda Palembang Harobin Mustafa. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Program gemar makan ikan perlu lebih digalakkan lagi untuk menjaga tingkat konsumsi ikan di daerah ini tetap tinggi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya lebih menggalakkan lagi program gemar makan ikan meskipun warga kota ini tingkat konsumsi ikannya tergolong cukup tinggi sekitar 36 kilogram/kapita/tahun.

"Program gemar makan ikan perlu lebih digalakkan lagi untuk menjaga tingkat konsumsi ikan di daerah ini tetap tinggi," kata Sekretaris Daerah Palembang, Harobin Mustafa di Palembang, Jumat .

Menurut dia, jajaran Pemkot Palembang bersama ibu-ibu PKK terus berupaya menggalakkan program gemar makan ikan di lingkungan keluarga dan kawasan permukiman penduduk yang memiliki makanan khas daerah menggunakan ikan sebagai bahan olahannya seperti pempek dan pindang.

Tingkat konsumsi ikan warga kota ini perlu didorong lebih tinggi lagi karena ikan memiliki kandungan yang baik untuk mencukupi asupan gizi anak dan anggota keluarga lainnya sehingga program yang dapat mendorong masyarakat lebih menyukai makan ikan terus digalakkan, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mendorong tingkat konsumsi ikan warga kota ini lebih tinggi lagi, kegiatan sosialisasi manfaat makan ikan akan terus dilakukan.

"Kami tidak cukup puas dengan capaian tingkat konsumsi ikan sekarang ini, sosialisasi akan terus dilakukan sehingga warga kota yang kurang menyukai ikan menjadi gemar makan ikan," ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi baik yang dilakukan secara langsung maupun melalui media massa, informasi yang disampaikan kepada warga seperti mengenai kandungan protein, vitamin, dan zat lainnya yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga.

Asam lemak omega tiga dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan, berdasarkan hasil penelitian para ahli dijelaskan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah, ujar Sekda.