Pemkot Palembang benahi kawasan kumuh

id pemkot palembang, walikota palembang, harnojoyo, normalisasi sungai, kawasan kumuh, pemukiman, sungai, banjir

Pemkot Palembang benahi kawasan kumuh

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, secara bertahap membenahi 57 kawasan kumuh yang tersebar di hampir seluruh wilayah kecamatan.

"Berdasarkan data saat ini terdapat 57 titik kawasan kumuh, kondisi ini menjadi perhatian besar Wali Kota Harnojoyo untuk segera dibenahi karena kota ini akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018," kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk membenahi kawasan kumuh tersebut, dilakukan secara bertahap dan dipilih kawasan yang prioritas atau perlu mendapat penanganan segera.

Beberapa kawasan yang menjadi prioritas untuk dibenahi seperti kawasan yang ada di sepanjang jalan akses menuju Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dan pusat kegiatan olahraga Jakabaring.

Kedua kawasan itu perlu tampak rapi dan indah karena akan menjadi pusat perhatian atlet dan tamu undangan dari negara kawasan Asia ketika berlangsungnya event olahraga itu, katanya.

Menurut dia, pembenahan kawasan kumuh tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, dan diharapkan mendapat dukungan dana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah pusat.

Untuk melakukan pembenahan kawasan kumuh membutuhkan dana yang cukup besar bisa mencapai ratusan miliar rupiah yang tidak mungkin bisa dipenuhi dari APBD Kota Palembang yang jumlahnya terbatas dan digunakan untuk program pembangunan lainnya.

Selain melakukan pembenahan kawasan kumuh, untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah evant olahraga berskala internasional itu pihaknya juga berupaya melakukan pembenahan masalah sanitasi perkotaan seperti pengelolaan air limbah, kata Harobin.