Pemkab Musi Banyuasin tingkatkan keterampilan petani karet

id petani karet, karet, ketrampilan, cara menanm pohon karet dan mencegah hama tanaman

Pemkab Musi Banyuasin tingkatkan keterampilan petani karet

Perkebunan karet salah satu andalan perekonomian Sumsel (FOTO ANTARA)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan keterampilan petani karet dengan memberikan pelatihan secara rutin mengenai cara mengelola kebun yang baik dan pengendalian hama.

Peningkatan kemampuan petani perlu dilakukan agar kebun mereka bisa memberikan hasil atau berproduksi secara maksimal, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan kemampuan petani tersebut, pada 2016 digalakkan pelatihan dan bimbingan teknis peningkatan kemampuan petani dan lembaga tani dalam mengelola kebun dengan baik.

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan petani dapat mengetahui cara mengelola kebun yang benar dan menerapkannya di lapangan sehingga menghasilkan produksi getah karet secara maksimal dengan kualitas tinggi," katanya.

Menurut dia, Pemkab Musi Banyuasin melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Dinas Perkebunan terus berupaya menjalankan program yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara umum.

"Banyak yang telah kami lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, selain melakukan program bimbingan teknis, kami juga memberikan bantuan bibit karet, pupuk dan berbagai sarana prasarana penunjang lainnya," ujarnya.

Dengan begitu diharapkan dapat menjadikan para petani lebih tangguh dan memiliki daya saing yang tinggi karena hasil kebunnya berlimpah dan berkualitas baik.

"Petani juga diharapkan dapat mengendalikan hama atau penyakit yang menyerang tanamannya, sehingga dapat dicegah terjadinya kerusakan tanaman secara besar-besaran yang berdampak menurunkan produksi kebun dan pendapatan petani," ujar Beni.