Sambal ulek tarik perhatian di Serbian

id sambal, kbri beograd, promosi kuliner, Pameran Makanan Tradisional, Pariwisata, Keuangan, Kamar Dagang Kota Zajecar, promosi kuliner Indonesia

Sambal ulek tarik perhatian di Serbian

"Wonderful Indonesia", the national logo to promote tourist destinations in Indonesia. (Foto Antara/Kemenpar/DWA/15)

London (ANTARA Sumsel) - KBRI Beograd mengadakan promosi kuliner pada Pameran Makanan Tradisional, Pariwisata dan Keuangan yang diselenggarakan Kamar Dagang Kota Zajecar dan Pemerintah Kota yang berlangsung di alun-alun Kota Zajecar, Serbia.

Pada promosi kuliner Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia berupa nasi goreng, sate ayam, kerupuk udang, rempeyek dan pisang goreng, demikian Fungsi Pensosbud KBRI Beograd Habadi Soewedo kepada Antara London, Minggu.

Selain menyajikan makanan, Tenda Indonesia juga mengadakan demo pembuatan sambal ulek khas Indonesia dan pengunjung pun diajak mencoba membuat sambal ulek.

Pameran yang diikuti 500 peserta dan dikunjungi oleh ribuan orang yang mayoritas penduduk Kota Zajecar dibuka Ketua Kamar Dagang Kota Zajecar beserta Wakil Wali Kota Zajecar.

Dalam sambutannya keduanya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Indonesia yang telah bersedia menjadi tamu kehormatan dan berpartisipasi secara langsung pada pameran.

Sementara itu Dubes RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou mengatakan Pemerintah Indonesia menfokuskan untuk melakukan diplomasi ekonomi dan budaya, Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia senantiasa aktif dan hadir diberbagai kesempatan untuk memantapkan "branding Wonderfull Indonesia" di kawasan Eropa khususnya Serbia, ujarnya.

Acara pembukaan pameran juga diisi dengan tarian tradisional Indonesia yang dibawakan tim tari KBRI Beograd.

Antusiasme pengunjung terhadap kuliner Indonesia sangat tinggi, hal ini terlihat dari begitu padatnya antrean di depan tenda Indonesia. Puncak kepadatan terjadi saat petugas KBRI melakukan demo memasak makanan yang akan disajikan kepada pengunjung.

Pengunjung Tenda Indonesia juga sangat mengapresiasi penampilan tarian tim tari KBRI Beograd yang selalu menuai tepuk tangan meriah dari pengunjung. Tenda Indonesia juga mendapat kunjungan dari para pejabat pemerintah Kota Zajecar, mulai dari Wali Kota, Wakil Walikota, Ketua Kamar Dagang, dan beberapa pejabat lainnya.

Zajecar adalah kota di wilayah timur Serbia, sekitar 250 km dari Ibu Kota Serbia, Beograd dengan jumlah penduduk sekitar 60.000 orang. Kota Zajecar memiliki situs peninggalan zaman Romawi yang merupakan daya tarik tersendiri bagi turis-turis di wilayah Eropa.