Haji - 267 jamaah haji OKU tiba di Baturaja

id haji,kepulangan jamaah haji, jamaah haji asal oku, Staf Ahli Bupati OKU Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Syaiful Kamal, penjemputan jamaah haji, haji, j

Haji - 267 jamaah haji OKU tiba di Baturaja

Jamaah haji yang baru sampai dari tanah suci, Mekah (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 267 jamaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan tiba di Baturaja, Kamis, sekitar pukul 07.00 Wib disambut Staf Ahli Bupati OKU Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Syaiful Kamal.

Pantauan di lapangan, ribuan keluarga jamaah sudah memadati kawasan Islamic Center Baturaja sejak pukul 06.00 WIB. Suasana haru dan gembira terpancar dari wajah para keluarga saat menyambut kedangan orang yang dicintainya itu dari menunaikan ibadah haji.

Bahkan, ada keluarga jamaah yang menangis terharu saat melihat ayahnya tercinta pulang ke tanah air dalam keadaan sehat, padahal usianya sudah tua dan sakit-sakitan.

"Alhamdulilah, segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kami sehingga bisa berkumpul lagi," kata Heriansyah (39), salah seorang keluarga jamaah haji Ogan Komering Ulu (OKU) asal Desa Lubuk Batang.

Selain diwarnai tangisan, pada penyambutan tersebut juga ada beberapa jamaah haji yang kelelahan tidak mampu lagi berjalan karena lanjut usia, sehingga terpaksa harus digendong oleh petugas.

Ketua Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), Jauhari melaporkan, pada musim haji ini 267 jamaah haji semuanya kembali ke tanah air dalam keadaan selamat.

"Berangkat sejak 18 Agustus lalu dan sekitar 40 hari kami meninggalkan OKU untuk menunaikan ibadah haji. Alhamdulillah kami dapat kembali ke tanah kelahiran dengan selamat sehat tanpa kekurangan satu apupun," kata Jauhari.

Dia mengatakan, dari 267 jamaah haji yang berkumpul di aula Islamic Center ini, 33 orang di antaranya langsung dijemput oleh keluarga masing-masing di embarkasi Palembang, sedangkan sisanya diberangkatkan dari Palembang dengan menggunakan delapan unit bus yang disiapkan oleh Pemkab OKU.

Ketua Panitia Penyambutan dan Penjemputan penyelenggara Haji, Kabag Kesra Setda OKU, Kadarisman menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jamaah haji asal OKU yang tiba dengan sehat tanpa kekurangan.

"Jumlah jamaah haji yang diberangkatkan berjumlah 267 orang termasuk TPHD dan TKHD, terdiri atas 140 jamaah haji perempuan dan 127 jamaah laki-laki. Alhamdulillah semua kembali dengan selamat dan dapat berkumpul kembali dengan keluarga mereka masing-masing," katanya.