Pemkab Penukal Abab berupaya tingkatkan pendapatan daerah

id pali, pemkab pali

Pemkab Penukal Abab berupaya tingkatkan pendapatan daerah

Pemkab Penukal Abab Lematang Ilir (Antarasumsel.com/Grafis/Parni)

Penukal Abab (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan telah melakukan kajian terhadap menurunnya pendapatan daerah serta melakukan upaya meningkatkan pendapatan.

Namun, dalam upaya peningkatan pendapatan daerah itu terdapat kendala misalnya mengenai retribusi daerah yang menurun drastis, karena disebabkan salah satu faktor seperti retribusi pemanfaatan ruang menara Telkomsel dibatalkan oleh MK, kata Wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ferdian Andreas Lacony di PALI, Kamis.

Wakil bupati menyatakan sepakat pada pemandangan umum fraksi-fraksi dewan sehari sebelumnya yang menyebutkan bahwa daerah maju dilihat dari meninggkatnya pendapatan asli daerah (PAD), serta mengurangi ketergantungan terhadap pemerintah pusat.

"Kami sadari itu, dan telah berupaya maksimal melakukan peningkatan kinerja untuk mendongkrak PAD, serta telah melakukan penghematan terhadap belanja yang tidak prioritas," katanya.

Rencana pinjaman daerah kepada pihak lain atau perbankan, dijelaskan Wabup adalah untuk mempercepat pembangunan serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara, terkait dengan penundaan penyaluran dana alokasi umum (DAU), wakil ketua II DPRD PALI, Darmadi Suhaimi pada rapat paripurna pembahasan Raperda APBD Perubahan 2016 sebelumnya mengatakan bahwa rencana penundaan tersebut diharapkan tidak terjadi dan segera disalurkan.

Dikemukakan Darmadi, penundaan penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU), pemerintah telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan agar bisa direalisasikan tahun ini juga.

Terkait dengan kemungkinan akan terjadi penundaan penyaluran DAU, pihak pemerintah daerah berupaya akan melakukan pinjaman kepada pihak lain atau perbankan agar pembangunan di PALI yang merupakan daerah otonomi baru pecahan dari kabupaten induk Muara Enim itu tetap berjalan.