Penundaan anggaran tak pengaruhi infrastruktur Asian Games

id asian games, infrastruktur Asian Games, Ketua Bappeda Sumatera Selatan, Ekowati Retnaningsih, anggaran APBN, jadi prioritas pusat,

Penundaan anggaran tak pengaruhi infrastruktur Asian Games

Sejumlah perwakilan Olympic Counci Of Asia melakukan tinjauan venue olahraga yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kompleks Jakabaring Sport City Palembang,Sumsel, Sabtu (13/6) (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Bappeda Sumatera Selatan Ekowati Retnaningsih mengatakan, penundaan keuangan dari pemerintah pusat tidak akan mempengaruhi pembangunan sejumlah infrastruktur untuk mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018.

Hal ini karena pesta olahraga internasional itu merupakan kepentingan nasional, kata Ekowati di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Asian Games bukan untuk kepentingan daerah saja, tetapi untuk bangsa dan negara.

Oleh karena itu bila telah dianggarkan di APBN maka itu sudah menjadi prioritas, ujar dia.

Bahkan pembangunan infrastruktur pendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games, seperti jalan bebas hambatan, jalan kereta api di tengah kota harus dimaksimalkan agar selesai tepat waktu.

Jadi anggaran dana untuk pembangunan yang menyangkut kepentingan nasional masih tetap diprioritaskan, ujar dia.

Memang, lanjut dia, ada beberapa pembangunan yang ditunda, karena tidak terlalu mendesak akibat adanya efiesiensi anggaran.

Hal ini karena penghematan keuangan sehingga seluruh provinsi melakukan penghematan anggaran.

Sekarang ini di Sumsel sedang dibangun infrastruktur pendukung Asian Games seperti jalan tol Palembang-Indralaya, jalur kereta api ringan termasuk jembatan Musi IV dan Musi VI.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, dengan adanya efisiensi anggaran tersebut maka kegunaannya harus yang lebih mendesak.

Selain memperlancar pelaksanaan Asian Games 2018, juga utamakan kepentingan yang menyentuh kehidupan masyarakat banyak sehingga anggaran tersebut tepat sasaran, tambah dia.
(U005)