PON 2016 - Tim sabre putri Jawa Barat raih emas

id anggar, anggar sumsel, pon jabar, tim anggar jabar, tim anggar sabre putri, pon xix, pon jabar, final anggar, skor final anggar, tim Kaltim

PON 2016 - Tim sabre putri Jawa Barat raih emas

Angga. (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Tim sabre putri Jawa Barat meraih medali emas Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 setelah pada final mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 45-34 di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Pada partai puncak di Ballroom Hotel Harris, tim Jabar diperkuat Rindhi Ayu, Aelida Mega Putri, Amelia Noerliyami, dan Yosi Rifil Kotel, sementara tim Kaltim diperkuat Geby Novita, Ima Sapitri, Dhea Marchelina, Dorry Andrinalia.

Pada permainan nomor beregu ini, setiap tim menurunkan tiga pemain terbaiknya dan boleh mengganti satu pemain dengan pemain cadangan.
Pertandingan akan terdiri dari sembilan partai, dengan setiap partai akan memperebutkan lima poin untuk mencapai poin maksimal 45.
Pada partai pertama, Jabar menurunkan Amelia Noerliyami berhadapan dengan Dhea Marchelina yang berhasil menang 5-4.

Pada partai kedua, tim Kaltim berbalik unggul satu poin berkat penampilan gemilang Ima yang mengalahkan Rindhi 6-4. Skor berubah 10-9 untuk Kaltim.

Jabar mulai melesat saat menurunkan pemain andalannya Aelida Putri, peraih perak nomor perorangan, yang sama sekali tidak memberikan poin bagi Geby. Serangan attack, parry reposte, dan counter attack selalu berbuah satu lampu (poin bersih). Skor pun kembali melebar 15-10 bagi tim tuan rumah.

Perbedaan kualitas permainan membuat Kaltim semakin terjepit. Serangan cepat pemain Jabar, irama permainan yang bervariasi dan akurasi saat memarang membuat Kaltim tidak dapat mengimbangi Jawa Barat yang mendatangkan pelatih asal Korea untuk persiapan PON.

Dua pemain kunci Jawa Barat yakni Amelia dan Aelida Mega Putri menjadi pengumpul poin terbanyak dengan masing-masing 14 poin dan 16 poin.
Hingga partai penentuan Jabar sudah unggul 40-26 sehingga mempermudah Amelia Noerliyami untuk menutup poin 45.

Pada partai terakhir ini, meski Ima Sapitri berhasil menang 8-5 dari Amelia tapi tetap tidak dapat mengejar keunggulan Jawa Barat.

Atas hasil ini, Jawa Barat berhak atas medali emas sementara Kaltim meraih medali perak. Sementara, perunggu bersama menjadi milik Jateng yang dikalahkan Jabar 43-45 dan Jatim dikalahkan Kaltim 44-45 pada babak semifinal.

Tambahan satu medali emas ini membuat Jabar dipastikan menjadi juara umum cabang olahraga anggar karena sebelumnya telah mengemas 4 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.