Pemkab Musi Banyuasin tingkatkan pembinaan budidaya ikan

id ikan, budidaya ikan, pembinaan petani, budidaya ikan, , perikanan, pelatihan, bantuan benih ikan, Musi Banyuasin

Pemkab Musi Banyuasin tingkatkan pembinaan budidaya ikan

Ilustrasi - Seorang petambak memberi pakan ikan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, meningkatkan pembinaan masyarakat dalam melakukan budidaya ikan.

Peningkatan pembinaan budidaya ikan akan terus dilakukan untuk meningkatkan produksi ikan dan mengurangi ketergantungan dengan daerah lain seperti yang terjadi selama ini, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan pembinaan budidaya ikan, masyarakat yang berada di daerah yang memiliki potensi perikanan yang tinggi didorong menekuni usaha budidaya ikan dengan memberikan pelatihan dan bantuan benih ikan,

"Bumi Serasan Sekate ini memiliki beragam ikan yang dapat dikembangbiakan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau, namun sayangnya kebutuhan ikan masyarakat kabupaten ini sebagian masih dipenuhi dari daerah lain," ujarnya.

Menurut dia, melalui program pembinaan tersebut, sekarang ini beberapa jenis ikan mulai dikembangbiakan melalui budidaya seperti ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu dan ikan tembakang.

Selain itu, ada juga kelompok masyarakat yang mengembangkan beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Dengan pembinaan dan pengembangan potensi perikanan tersebut, produksi ikan Musi Banyuasin bisa meningkat dan tersedia secara terus menerus tanpa mengandalkan alam seperti yang terjadi selama ini.

Pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

Berdasarkan kondisi tersebut dan tersedianya potensi perikanan yang cukup besar, program pembinaan yang telah berjalan dengan baik bisa meningkatkan produksi ikan dan dapat tersedia sepanjang tahun sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kata Beni.