Universitas Baturaja wisuda 678 sarjana Baru

id universitas baturaja, wisuda, sarjana, angkatan XVII sarjana dan diploma, sidang senat, fakultas, mahasiswa, pts

Universitas Baturaja wisuda 678 sarjana Baru

Ilustrasi (Reuters)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 678 mahasiswa Universitas Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, diwisuda pada sidang senat terbuka angkatan XVII sarjana dan diploma di pusatkan di aula Islamik Center Baturaja, Selasa.

"Jumlah mahasiswa yang diwisuda itu jauh berkurang dibanding tahun sebelumnya, namun begitu jumlahnya dinilai cukup banyak dibandingkan jumlah lulusan perguruan tinggi swasta lainnya di Sumatera Selatan tahun ini," kata pengawas Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Prof Slamet.

"Saya sudah blusukan di Universitas Baturaja (Unbara), jumlah yang diwisuda ini terbilang banyak dibanding perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya di bawah naungan Kopertis II," kata Prof Slamet saat menghadiri undangan wisuda mahasiswa Unbara tersebut.

Hal ini kata dia, cukup membanggakan sekaligus peluang yang baik untuk terus dikembangkan kedepanya, tentu dengan diimbangi tenaga dosen dan fasilitas lebih baik.

"Unbara telah melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan baik. Saya lihat ini peluang baik, kami selaku wakil dari Kementerian siap mendukung memajukan Unbara bila perlu menambah fakultas lagi," katanya.

Kopertis II sendiri, menurut dia, bukan hanya daerah Sumatera Selatan, namun juga meliputi Bangka Belitung, Lampung dan Bengkulu, sehingga melihat keberadaan Unbara dengan kondisi saat ini bukan tidak mungkin akan terus berkembang dan bersaing dengan kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Lebih jauh diungkapkanya, wilayah Kopertis II sendiri saat ini membawahi sebanyak 218 PTS dengan jumlah dosen 7.000 orang dan meliputi 847 program studi.

"Selamat untuk anak-anak yang diwisuda hari ini. kedepan saya tantang Unbara untuk buka fakultas kedokteran. tantangan apa yang diminta Unbara saya akan berikan dan usahakan terutama untuk dosen bersertifikasi," katanya.

Sementara Rektor Unbara, DR Bambang Sulistyo MPd, dalam sambutanya menyampaikan, Unbara yang sudah menginjak usia 17 tahun akan terus berkontribusi untuk kemajuan OKU, khususnya di bidang pendidikan.

Sebanyak 678 mahasiswa yang telah diwisuda ini kata dia, adalah sebagai benteng tanggungjawab civitas akademika dengan gelar dan keahlian yang telah dimiliki oleh masing-masing alumni.

Selain itu pihaknya terus melakukan perbaikan dengan meningkatkan kualitas dan kemampuan tenaga pendidik, sejumlah SDM enam tenaga doktor dan beberapa magister.

"Karenanya kami sudah percaya diri dan mampu mengembangkan OKU melalui Unbara," katanya.

Sementara, dari total jumlah lulusan itu terdiri atas Fakultas Ekonomi prodi manajemen 105 orang, serta ekonomi pembangunan 9 orang.

FKIP prodi bahasa sastra Indonesia daerah 91, Teknologi Pendidikan 190, prodi Bahasa Inggris 32. Fakultas teknik sipil 44, teknik elektro 7 dan Fakultas Pertanian prodi agroteknologi 69, prodi agribisnis 31 serta Fisip prodi Komunikasi 24 dan Pemerintahan 76 orang.

Hadir pada acara itu, Bupati OKU, Kuryana Azis, seluruh dekan dari lima fakultas pembantu rektor serta orang tua wali mahasiswa.