PON 2016 - Sumatera Selatan ke final beregu sabre putra

id Anggar, atlet anggar, semifinal anggar, semifinal pon, beregu sabre putra, pon, pon xix, pon jabar, tim anggar sumsel

PON 2016 - Sumatera Selatan ke final beregu sabre putra

Atlet anggar Hendrawan Susanto (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly Rosana/Aw)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Juara bertahan dari Sumatera Selatan melaju ke final beregu sabre putra setelah mengalahkan Jawa Tengah pada babak semifinal cabang olahraga anggar Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 dengan skor 45-29.

Pertandingan semifinal itu berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Tim Sumsel diperkuat oleh Ade Indra Ansori, Ricky Dhisulimah, Rully Mauliadhani dan Agista Andhani, sementara tim Jateng diperkuat Refly Adolof Hendra Tarega, Indra Agus Setiawan, Ricard Hendri Arfe Tarega, dan Lukas Baskara.

Pada partai pertama yang digelar di Ballroom Hotel Harris Bandung ini, Sumsel menurunkan pemain andalannya Rully Mauliadhani yang merupakan peraih medali emas sabre perorangan pada dua PON sebelumnya.

Rully langsung membawa Sumsel memimpin 5-2 dengan permainan apik saat menyerang dan bertahan. Beberapa kali serangan langsung Rully berbuah poin dan tidak tertangkis lawan.

Jawa Tengah sempat memberikan perlawanan pada partai ketiga yang mempertemukan Indra Agus dan Ade Indra asal Sumsel saat skor tertinggal 2-10.

Kelemahan Ade dalam bermain di sektor belakang membuat Indra Agus memetik beberapa poin kali bersih, melalui attack dan mal parry. Skor pun berubah menjadi 9-15 untuk Jateng setelah Indra Agus mengalahkan Indra 12-5.

Pada pertandingan anggar nomor beregu ini, setiap tim diberikan kesempatan menurunkan tiga pemain yang akan saling bertemu dalam setiap partai dengan poin maksimal 5.

Bagi tim yang tertinggal, maka pemain berikutnya mendapatkan kesempatan untuk mengejar ketinggalan hingga mencapai poin yang ditentukan sesuai dengan jumlah partainya.

Pada partai kelima, kembali Jateng mendapatkan angin segar ketika pemainnya Ricard Hendri Arfe berhadapan dengan Ade Indra. Kembali Indra membuang poin bagi timnya hingga 10 poin sehingga skor pun berubah 23-30 bagi Jateng.

Namun, situasi ini tidak berlangsung lama, Sumsel pun kembali bangkit saat dua pemain andalannya diturunkan pada dua partai terakhir.

Rully Mauliadhani menghabisi Indra Agus dengan skor 5-2, dan Ricky Dhisulimah sebagai pemain terakhir berhasil menuntaskan tugasnya dengan mengkandaskan Ricard Hendri dengan skor 5-3. Adalah poin parry reposte yang menjadi penutup pertandingan tersebut.

Atas hasil ini Sumsel melaju ke final berhadapan dengan tim tuan rumah Jawa Barat yang sebelumya mengalahkan Kaltim 45-29.

Sementara yang melaju ke final nomor beregu foil putri yakni Kaltim melawan DKI Jakarta.