Pemprov Sumsel minta masyarakat waspada bencana alam

id Sumatera selatan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, rawan bencana alam, musim penghujan, Pelaksana Tugas Kepa

Pemprov Sumsel minta masyarakat waspada bencana alam

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah minta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam, terutama di daerah rawan bencana apalagi sekarang ini mulai musim penghujan.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah di Palembang, Senin mengatakan, saat ini di daerah tersebut sedang mengalami musim peralihan dari kemarau ke musim penghujan.

Apabila terjadi potensi cuaca ekstrim di suatu daerah, maka BPBD Sumsel dan kabupaten/kota sudah menyiapkan upaya antisipasi, ujar dia.

Pihaknya sudah memberikan surat pemberitahuan kepada kabupaten kota supaya selalu waspada.

Ia mengatakan, yang jelas selalu waspada sangat diutamakan karena itu sebagai upaya pencegahan dini.

Hal ini karena Sumsel banyak daerah rawan bencana seperti banjir, longsor dan angin puting beliung sehingga perlu berhati - hati, kata dia.

Selain itu juga pihaknya telah melaksanakan sosialisasi akan bahaya bencana alam, supaya masyarakat selalu waspada akan bahaya akibat bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, kata dia.

Memang, kata dia, BPBD kabupaten dan kota sudah mempersiapkan peralatan dalam mengantisipasi bila bencana alam terjadi.

Begitu juga makanan siap saji pihaknya telah mendistribusikan kepada kabupaten dan kota, tambah dia.
(U005)