PON 2016 - Sumsel melaju ke semifinal beregu sabre putra

id anggar, atlet anggar sumsel, semifinal anggar, cabang anggar nomor beregu sabre putra, Pekan Olahraga Nasional XIX, Ade Indra Ansyori, Rully Mauliadha

PON 2016 - Sumsel melaju ke semifinal beregu sabre putra

Sejumlah atlet cabang olahraga Anggar Sumsel melakukan simulasi pertandingan di pusat latihan Gelora Sriwijaya Jakabaring. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan melaju ke semifinal cabang anggar nomor beregu sabre putra Pekan Olahraga Nasional XIX/Jawa Barat setelah mengalahkan Riau dengan skor 45-23 pada babak delapan besar di Bandung, Senin.

Pada pertandingan ini, tim anggar Sumatera Selatan yang diperkuat Ade Indra Ansyori, Rully Mauliadhani, Ricky Dhisulimah, dan Agista Andani, sedangkan tim Riau diperkuat M Hafizan, Muhammad Zuhdi, Fauzan Novriansyah dan Romi Yuliawan.

Sejak partai pertama, Sumsel selalu berhasil memimpin perebutan angka melalui pemain-pemainnya yang tercatat pernah memperkuat tim nasional.

Sumsel merupakan juara bertahan untuk nomor ini sejak PON di Sumatera Selatan tahun 2004 hingga PON terakhir di Riau tahun 2012.

Meski komposisi pemain berubah setiap PON, tetap medali ini milik Sumsel dalam tiga kali PON, berbeda dengan Riau yang belum pernah sekalipun meraih medali pada nomor ini.

Pada pertandingan ini, dari sembilan partai yang dipertandingan, perlawanan hanya diberikan dua pemain Riau yakni Fauzan Novriansyah saat berhadapan dengan Ricky Dhisulimah yang mampu meraih empat poin, dan Muhammad Zuhdi pada partai keenam saat skor 11-25 bagi Sumsel.

Muhammad Zuhdi berhasil memperkecil ketinggalan menjai 15-30 saat berhadapan dengan Rully Maulidhani, peraih medali emas perorangan pada tiga PON sebelumnya.

Serangan Zuhdi yang tiba-tiba, dengan tempo permainan yang berubah-ubah sedikit merepotkan Rully dalam menentukan eksekusi gerakan terakhir.

Namun, Sumsel dapat mengubah keadaan ini pada partai berikutnya melalui Ricky Dhisulimah sebagai pemain terakhir yang berhasil menutup permainan dengan skor 45-23.

Sementara itu, satu provinsi lain juga memastikan tiket semifinal yakni Jawa Barat yang mengalahkan Sulawesi Selatan 45-21.

Sementara itu, dua pertandingan babak delapan besar nomor ini masih digelar hingga berita ini diturunkan yakni mempertemukan Jateng vs Banten, dan Kaltim vs Kalbar.

Selain itu, empat provinsi memastikan tiket ke semifinal nomor foil beregu putri yakni Kalimantan Timur yang mengalahkan Sumatera Selatan 45-12, Jawa Barat mengalahkan Jawa Tengah 45-42, DKI Jakarta mengalahkan Riau 45-19, dan satu provinsi lain yakni Kalimantan Barat mengalahkan Aceh 45-8.

Cabang olahraga anggar mulai Senin mempertandingan nomor beregu setelah tiga hari sebelumnya mempertandingkan nomor perorangan foil, epee, sabre untuk kelompok putra dan putri.