Calon kades minta usut dugaan pungli pencalonan

id pungli, kades, calon kepala desa, calon kades, pungutan liar dalam pencalonan, anti korupsi, lsm, demo

Calon kades minta usut dugaan pungli pencalonan

Ilustrasi- Demo (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan calon kepala desa dan masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan minta kepada petugas serta aparat untuk menindaklanjuti adanya dugaan pungutan liar dalam pencalonan.

Calon kepala desa (Kades) dan masyarakat yang dikoordinir gabungan lembaga swadaya masyarakat anti korupsi itu mendatangi kantor Pemerintah Provinsi Sumsel di Palembang, Senin.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Anti Korupsi (LSM-GAK) Sumsel Tabrani dalam orasinya mengatakan, pihaknya minta kepada yang berwewenang untuk mengusut adanya dugaan pungutan liar (Pungli) pendafataran pemilihan kepala desa di Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir.

Dugaan pungutan liar itu diduga dilakukan Kasi Pemerintahan Kecamatan setempat, ujar dia,

Oleh karena itu pihaknya minta agar permasalahan tersebut harus ditindaklanjuti supaya pemilihan calon kepala desa bersih.

Sementara LSM "Berdulur", Andang Supriadi mengatakan, pihaknya minta kepada Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mengusut adanya dugaan pungutan liar tersebut.

Kalau memang ada biaya pendaftaran harus diumumkan secara transparan serta kegunaan dana tersebut, ujar dia.

Apalagi Sumsel akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak sehingga harus ada keterbukaan.

Menurut dia, pemilihan kepala desa serentak itu akan menjadi percontohan sehingga harus bersih.

Rombongan demontrasi itu diterima Bidang Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel, dan permintaan tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Alex Noerdin.
(U005)