Pemkab lakukan pergantian pipa PDAM Baturaja

id pdam, pdam oku

Pemkab lakukan pergantian pipa PDAM Baturaja

Instalasi pengelolaan air PDAM (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Parni)

....Tahun 2016 Pemkab OKU akan mendapatkan bantuan dari pusat senilai Rp6,5 miliar yang dianggarkan melalui Dinas PU setempat, karena memang bagian tugas mereka....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan tengah melakukan perbaikan dan pergantian beberapa pipa induk Perusahaan Daerah Air Minum di Baturaja dalam rangka peningkatan pelayanan air bersih kepada para pelanggan.

Pengerjaan pipa induk PDAM ini untuk menggantikan keberadaan pipa lama yang sudah berusia tua, kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU) Abikusno di Baturaja, Kamis.

Ia menjelaskan, pengerjaan pergantian maupun perbaikan jaringan instalasi milik PDAM ini telah dilaksanakan oleh pihak PU Cipta Karya setempat sejak dua pekan lalu.

Menurut dia, pengerjaan seluruh kegiatan memang dilakukan langsung oleh pihak Dinas PU Cipta Karya, sementara pihak PDAM hanya menerima siap pemakaian saja.

Dijelaskannya, untuk upaya pergantian pipa induk sendiri, telah dilakukan pengerjaan dari kawasan kantor PDAM OKU yang merupakan pusat Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Selanjutnya pengerjaan pergantian pipa melewati kawasan Jalan Pahlawan Kemarung, Jalan Akmal, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Serma Zakaria, seputaran Pasar Lama, depan Rumah Dinas Bupati, serta beberapa titik lainnya.

"Tujuan untuk mengganti pipa lama, karena pipa sudah berusia tua sekitar 37 tahun, selain itu pipa lama berada di tengah jalan dan tidak dapat diketahui lagi posisinya," ungkapnya.

Nantinya kata dia, setelah pengerjaan pergantian pipa induk tersebut selesai, maka pihaknya akan segera mempergunakan saluran pipa induk baru untuk mengalirkan air bersih kepada pelanggan PDAM.

"Setelah terkoneksi, pipa lama ditutup dan akan kita pergunakan pipa induk baru. Sementara untuk pipa induk lama kita biarkan saja tertanam di dalam tanah," katanya.

Masih menurut Abi, selain pergantian pipa, pihaknya juga melakukan perbaikan maupun pergantian beberapa IPA, antara lain IPA Bakung, IPA Tanjung Baru dan IPA Tanjung Agung.

Sementara, untuk besaran dana perbaikan dan pergantian pipa berdasarkan informasi yang didapat sekitaran Rp7 miliar.

"Tahun 2016 ini kami akan mendapatkan bantuan dari pusat senilai Rp6,5 miliar yang dianggarkan melalui Dinas PU, karena memang bagian tugas mereka," tambahnya.