400 Peserta ikut silatnas komunitas sepeda tua

id sepeda, sepeda ontel, Silaturahmi Nasional, Silatnas, Komunitas Sepeda Tua Indonesia, Kosti, sepeda tua

400 Peserta ikut silatnas komunitas  sepeda tua

Sepeda tua (FotoAntarasumse/Feny)

Banjarmasin (ANTARA Sumsel)- Sekitar 400 peserta mengikuti parade ngontel bareng tepian Sungai Kota Banjarmasin untuk menyemarakkan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti).

Seorang panitia Silatnas Kosti Yusni Anani di Banjarmasin, Rabu, mengakui jumlah peserta yang menyatakan ikut kegiatan bersepeda tua secara nasional tersebut terus bertambah.

"Bukan hanya peserta biasa yang menyatakan ikut bersepeda tersebut tetapi juga sejumlah pejabat, diantaranya Gubernur Kalsel Paman Birin, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Sekda Kota Banjarmasin, Wakil Gubernur Kalteng, Bupati Belitar, dan Wakil Bupati Banjar," katanya.

Anggota Kosti luar Kalsel yang sudah mendaftarkan diri dalam perhelatan akbar tersebut berasal dari Kalteng 75 orang, Kaltim lima orang, Jakarta 18 orang, Jawa Barat 14 orang, Jawa Timur 35 orang, Jawa Tengah delapan orang, dan Sumatera Utara 10 orang.

"Itu yang baru menghubungi pantia, belum termasuk penggembira yang tertarik datang ke Banjarmasin untuk menikmati pula wisata susur sungai, khususnya Pasar Terapung," kata Yusni Anani yang juga Wakil Sekretaris Kosti Kalsel tersebut.

Sementara itu, peserta dari Banjarmasin sendiri berjumlah sekitar 150 orang, lalu ditambah dari kabupaten dan kota se-Kalsel, makanya ditaksir sekitar 400 orang.

Ngontel bareng Silatnas tersebut berlangsung pada 25 September 2016 dengan rute Balaikota Jalan RE Martadinata - Jl Lambung Mangkurat
- Jalan AS Mustapa - Jl DI Panjaitan - Jl Sulawesi - Jl Sungai Jingah dan ke tepian sungai hingga ke Museum Wasaka Jalan Banua Anyar.

Di Museum Wasaka peserta istirahat sekitar seperempat jam seraya menikmati hidangan dan minuman, seperti kacang rebus, jagung rebus, dan aneka makanan kecil lainnya.

Rute selanjutnya ke Jalan Hidayatulah - Komplek A Yani - simpang empat Gatot Subroto - Jl Veteran - Jalan AIS Nasotiun terus ke Jalan Piere Tendean yang berakhir di halaman Menara Pandang.

Setibanya di Menara Pandang peserta berkumpul untuk menandatangani kesepakatan antinarkoba bagi pecinta sepeda tua, selain menikmati hidangan camilan dan hiburan ringan.

Sehari sebelumnya juga digelar sarasehan antaranggota Kosti nasional di Gelanggang Remaja, sedang peserta luar Kalsel akan diajak wisata atau susur Sungai ke pasar terapung Lok Baintan, dan Pasar Permata di Kota Martapura.