Toko cendera mata haji di Palembang laris

id oleh-oleh hajio, cendera mata, haji, laris, buah tangan, mekkah

Toko cendera mata haji di Palembang laris

Palembang (ANTARA Sumsel) - Toko cendera mata haji di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada musim haji 1437 Hijriah/2016 ini laris karena permintaan masyarakat terhadap barang dan makanan yang biasa menjadi buah tangan dari Tanah Suci Mekkah itu meningkat.

Beberapa toko cendera mata haji di kawasan Pasar 16 Ilir, Jalan Jenderal Sudirman M.Isa, dan Jalan R Sukamto Palembang, Sabtu, menjelang kedatangan jamaah haji dari Tanah Suci Mekkah tampak ramai dikunjungi pembeli yang memiliki keluarga pada tahun ini mendapatkan kesempatan menjalankan ibadah rukun Islam ke lima itu.

Pembeli cendera mata haji itu tidak hanya dari Kota Palembang tetapi juga berasal dari 16 kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan lainnya.

Salah seorang warga Palembang Tania mengatakan jamaah haji ketika kembali ke daerah ini tidak bisa membawa cendera mata dalam jumlah banyak karena jumlah barang bawaannya dibatasi.

Untuk mengatasi kekurangan cendera mata yang biasa dibagikan jamaah haji ketika pulang dari Tanah Suci Mekkah kepada keluarga, tetangga dan teman-teman yang menyambut kedatangan dan mendoakan keluarga yang beribadah haji, dibeli dari toko yang menjual barang dan makanan khusus dari Arab Saudi itu, kata dia.

Sementara pembeli lainnya warga dari Bauraja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Erwin mengatakan bahwa dia menyempatkan diri ke Palembang membeli sejumlah barang antara lain tasbih, sajadah, kopiah serta makanan seperti kurma, kacang ketawa dan air zamzam untuk tambahan cendera mata anaknya yang mendapatkan kesempatan beribadah haji tahun ini.

"Kami memiliki keluarga besar, jika hanya mengandalkan barang bawaan dari jamaah haji untuk keluarga saja tidak mungkin mencukupi apalagi dibagikan kepada tetangga dan teman-temannya," ujarnya.

Sementara salah seorang pedagang cendera mata haji Anita mengatakan, barang dan makanan yang dijualnya seperti sajadah, kopiah, tasbih, kurma, kacang dan air zamzam langsung didatangkan dari Arab Saudi seperti yang dibawa oleh jamaah haji ketika pulang ke daerah ini.

"Semua barang dan makanan yang kami jual sama dengan barang yang dibawa langsung oleh para jamaah haji. Tidak perlu ragu untuk memberikannya sebagai cendera mata haji karena memang benar semua barang yang dijual di toko ini didatangkan langsung dari Arab Saudi," kata pemilik toko cendera mata dan tarvel umrah/haji plus PT Lovina itu.