Perusahaan Amerika tertarik berinvestasi di Sumatera Selatan

id investasi, perusahaan amerika, energi, tambang, berinvestasi, Kawasan Ekonomi Khusus, KEK, pengembangan pelabuhan laut Tanjung Api Api

Perusahaan Amerika tertarik berinvestasi di Sumatera Selatan

Potensi Energi Sumsel (FOTO ANTARA/Ansyor/12)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan dari Amerika Serikat cukup tertarik berinvestasi di bidang energi di Sumatera Selatan berdasarkan kunjungan beberapa waktu lalu, kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

"Memang beberapa waktu lalu pemimpin perusahaan Amerika Serikat (AS) bersama Dubes negara Adidaya itu berkunjung ke Sumsel untuk menjajaki peluang berinvestasi," kata Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Dalam kunjungan tersebut mereka tertarik berinvestasi antara lain di bidang energi, ujar dia.

Menurut gubernur, rencana investasi itu harus didukung bersama apalagi Sumsel miliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pengembangan pelabuhan laut Tanjung Api Api di wilayah Kabupaten Banyuasin.

Kawasan tersebut membutuhkan banyak sumber energi karena akan dibangun berbagai industri, ujar dia.

Dia mengatakan, memang kerja sama dengan perusahaan AS itu sudah lama dilakukan di Indonesia.

Oleh karena itu peluang investasi tersebut cukup besar karena mereka sudah menjajaki kondisi potensi di Sumsel.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Permana mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus yang berada di wilayah pelabuhan laut Tanjung Api-Api akan dibangun berbagai industri, seperti pabrik Pusri baru, pabrik alumunium dan lainnya.

Oleh karena itu kawasan tersebut membutuhkan berbagai fasilitas pendukung termasuk daya listrik, ujar dia.

Sebagaimana Sumsel sekarang ini terus membangun seperti pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus termasuk program pelabuhan laut Tanjung Api-Api.