Pemprov Sumsel maksimalkan pencegahan kebakaran hutan

id kebakaran, hutan, asap, pencegahan kebakaran, kabut asap, karhutla,lahan gambut

Pemprov Sumsel maksimalkan pencegahan kebakaran hutan

Kebakaran Hutan dan Lahan Di Muba Asap membumbung tinggi dari lahan yang terbakar Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan supaya kabut asap tidak terjadi seperti tahun sebelumnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan, sekarang sudah dibentuk satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ketua Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo.

Satgas tersebut terus siaga dalam mengantisipsi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, katanya.

Menurut dia, kesiagaan tersebut karena tahun lalu hutan dan lahan di Sumsel banyak terbakar dan itu harus dicegah dini.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan pencegahan dan pemadaman bila terdapat titik api dan terjadi kebakaran.

Namun, lanjut dia, masih sering terjadi hambatan bila terjadi kebakaran di lahan gambut pada malam hari, karena Satgas tidak bisa maksimal sebab lokasi sulit dijangkau.

Dia mengatakan, seperti terjadi di wilayah Pangkalan Lampam di pesisir timur Kabupaten Ogan Komering Ilir lalu pernah terjadi kebakaran hutan pada petang hari.

Satgas sulit menjangkau karena wilayahnya jauh, namun api tetap bisa dipadamkan berkat partisipasi warga setempat, ujar dia.

Memang, kata dia, berkurangnya titik api tahun ini karena Pemerintah Provinsi Sumsel minta kepada perusahaan perkebunan untuk terus maksimal melakukan pencegahan.

Kerja sama itu yang dapat mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, tambah dia.