Kadis: Objek wisata sejarah diminati Wisatawan

id wisata, tempat wisata, wisatawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga

Kadis: Objek wisata sejarah diminati Wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Objek wisata sejarah di Sumatera Selatan banyak diminati wisatawan sehingga kawasan tersebut perlu ditata dan dipelihara secara optimal, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga.

"Objek wisata sejarah di daerah ini cukup banyak dan rutin dikunjungi wisatawan sehingga keberadaannya harus selalu terawat," kata dia di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan objek wisata sejarah yang ada di daerah itu, antara lain megalit di Kabupaten Lahat, Sumsel, Bukit Siguntang Palembang.

Begitu juga peninggalan sejarah lainnya, katanya, seperti Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera selalu dikunjungi para wisatawan.

Ia mengatakan objek wisata tersebut terus dirawat dan dipelihara supaya lebih menarik dan nyaman dikunjungi.

Bahkan, katanya, pemerintah pusat membantu menata salah satu tempat wisata sejarah, yakni Bukit Siguntang Palembang.

Dia mengatakan selain itu pengunjung juga ingin bernostalgia di Sumsel karena daerah itu pernah jaya pada zaman Kerajaan Sriwijaya.

"Oleh karena itu, objek wisata sejarah perlu dilestarikan agar pengunjung semakin ramai datang ke Sumsel," ujar dia.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di setiap kesempatan mengatakan Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga harus mempersiapkan diri.

"Begitu juga tempat wisata harus terus dibenahi menjelang pesta olahraga internasional mendatang," kata dia.