Puan Maharani: UIN Palembang harus menjadi agen perubahan

id Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, uin, kemajuan berfikir

Puan Maharani: UIN Palembang harus menjadi agen perubahan

Puan Maharani (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang harus menjadi agen perubahan dalam berbagai bidang pembangunan.

Hal ini karena perguruan tinggi itu sebagai universitas yang menciptakan sumberdaya manusia berlandaskan agama, kata Menko saat memberikan kuliah umum di UIN Raden Fatah Palembang, Selasa.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai pencetak generasi penerus bermoral maka lulusan universitas tersebut harus menjadi teladan dalam berbagai pembangunan.

Dalam kuliah yang bertemakan Peran Perguruan Tinggi dalam mewujudkan Revolusi Mental itu Puan mengatakan, sebagai perguruan tinggi mendalami berbagai bidang jurusan berlandaskan ajaran agama maka sudah seharusnya menjadi terdepan peran sertanya dalam membangun.

Namun, ujar dia, memasuki pasar bebas maka UIN harus terus meningkatkan kualitas karena daya saing sangat ketat.

Apalagi memasuki masyarakat ekonomi ASEAN maka berbagai tenaga kerja, jasa dan sektor lainnya akan bermunculan, ujar dia.

"Jadi bila tidak mempersiapkan diri maka tidak bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,"katanya.

Oleh karena itu para lulusan harus mampu bersaing dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN itu.

Apalagi sekarang ini berdasarkan data tenaga kerja yang ada pendidikannya masih rendah dan lulusan perguruan tinggi sangat sedikit, kata dia.

Upaya pemerintah dalam membantu perguruan tinggi meningkatkan kualitas itu antara lain melalui program beasiswa terutama bagi mahasiswa dan mahasiswi kurang mampu yang berprestasi.

Program tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, ujar dia.

Namun, ujar dia, yang tidak kalah pentingnya semangat gotong royong dalam membangun dan mahasiswa UIN diharapkan dapat menjadi terdepan.