Wagub: Alumni pertanian berkewajiban tingkatkan ketahanan pangan

id wkil gubernur sumsel, ishak mekki, pangan, pertanian, perkebunan, unasri

Wagub: Alumni pertanian berkewajiban tingkatkan ketahanan pangan

Wakil gubernur Sumsel Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, alumni pertanian berkewajiban untuk mendukung tingkatkan ketahanan pangan, karena itu sudah menjadi program pemerintah.

Masalah ketahanan pangan memang menjadi prioritas pemerintah pusat termasuk 9 program nawacita Presiden Joko Widodo, kata Wagub pada acara seminar masalah ketahanan pangan di Unsri Palembang, Sabtu.

Wagub mengatakan, Sumsel terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan bahkan daerah ini termasuk lima besar ketahanan pangan di Indonesia.

Guna meningkatkan ketahanan pangan Pemerintah Provinsi Sumsel sudah membangun irigasi di Ogan Komering Ilir yang mengaliri sawah lebih 9.000 hektare, kemudian di Ogan Komering Ulu Selatan di bangun waduk, ujar dia.

Dia mengatakan, semua itu guna untuk meningkatkan produksi pangan di Sumsel.

Bahkan petani pun sudah banyak mendapat bantuan seperti bibit dan alat pertanian, ujar dia.

Menurut dia, masalah pertanian ini sangat diperhatikan karena daerah Sumsel yang agraris sebagian besar masyarakatnya bertani.

Jadi peran alumni harus sinergi dan bekerja sama kepada dinas terkait untuk dapat mewujudkan keluarga petani lebih baik kedepan, kata dia.

Oleh karena itu Pemprov Sumsel menyambut baik kegiatan seminar nasional tersebut guna mendapatkan rekomendasi bagi masyarakat petani lebih maju kedepan lagi, tambah dia.