Harga daging sapi di Baturaja belum naik

id daging, daging sapi

Harga daging sapi di Baturaja belum naik

Daging sapi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Parni)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Harga daging sapi yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Jumat, dua hari menjelang Idul Adha belum naik masih Rp120 ribu per kilogram.

Harga jual daging sapi dua hari menjelang Idul Adha 1437 Hijriyah/2016 masih belum naik kisaran Rp120 ribu hingga Rp125 ribu per kg, kata Ny Firda, pedagang di pasar tradisional Baturaja, Jumat.

Menurut dia, masih stabilnya harga daging sapi itu karena stok di pasaran masih berimbang dengan permintaan konsumen.

Ia memperkirakan, harga akan bergerak naik mulai Sabtu (10/9) dan puncaknya pada Minggu (11/9) karena sehari menjelang Idul Adha permintaan daging sapi akan meningkat.

Di samping itu, kata dia, nilai tebus dari agen biasanya ada terjadi kenaikan, sehingga para pedagang menjual kembali ke konsumen disesuaikan.

Pantauan di lapangan, daging-daging segar terlihat bergantungan dijajakan sejumlah pedagang.

Sejumlah pedagang daging terlihat duduk santai, karena pembeli belum terlalu banyak.

Di samping itu, konsumen atau pengunjung pasar lebih memilih untuk membeli ikan segar dan daging ayam potong, karena harganya lebih terjangkau, kata Firda menambahkan.

Selain di Baturaja, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang juga masih stabil kisaran Rp140 ribu per kg, atau dua hari menjelang Idul Adha belum terjadi kenaikan harga.

Menurut Mangcek, pedagang di pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu Palembang bahwa hingga Jumat harga daging sapi masih stabil.

Ia memperkirakan, harga daging sapi akan mengalami kenaikan mulai Sabtu (10/10), karena warga membeli untuk persiapan menu dihidangkan saat Idul Adha.

Di samping itu, kata dia, jumlah pembeli tidak akan terlalu meningkat, karena biasanya warga tidak perlu lagi membeli.

Biasanya, warga setiap Idul Adha ada di masing-masing perkambungan ada penyembelihan hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada warga, katanya.