Robot pembuat rumah pertama di dunia akan di ujikan di Perth

id Robot, rumah, pembuat rumah, otomatis, Hadrian X, pengganti manusia

Robot pembuat rumah pertama di dunia akan di ujikan di Perth

Ilustrasi-Robot Pendeteksi Titik Api Robot pemadam kebakaran berusaha memadamkan api sebanyak-sebanyaknya dalam kontes robot Indonesia. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/den/16)

Perth (ANTARA Sumsel) - Sebuah perusahaan pembuat robot yang bisa memasang batu bata, "Fastbrick Robotics", akan mengujikan kemampuan robot pembuat rumah pertama di dunia dengan membangun 11 unit rumah di Perth, Australia Barat.

Setiap rumah akan berukuran minimal 180 meter persegi, terdiri atas tiga kamar tidur dan dua kamar mandi.

Uji coba ini menggandeng perusahaan kontraktor pembuat rumah "Archistruct" yang akan menyediakan tanah serta hal-hal lain yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan tersebut.

Robot yang diberi nama "Hadrian X" itu akan menyusun batu bata dari tahap awal, dengan kecepatan, akurasi, dan keamanan yang maksimal, demikian dilaporkan harian lokal "The West Australian", Selasa.

Sebagai perusahaan yang sudah melantai di bursa, nilai kapitalisasi pasar "Fastbrick Robotics" mencapai 43,7 juta dolar Australia atau setara dengan Rp437 miliar.

Para pemilik perusahaan "Fastbrick Robotics" dan "Archistruct" sangatpercaya kehadiran "Hadrian X" akan merevolusi industri pembangunan rumah yang menggunakan otomatisasi via robot. Selain itu rumah yang dibangun oleh robot juga akan memberikan nilai tambah bagi para konsumen.