Kemenristekdikti tingkatkan kualitas SDM pranata laboratorium

id dikti, pelatihan, bimtek, kemenristekdikti, dikti, pranata laboratorium, tingkatkan kualitas sdm laboran, laboran, laboran pendidikan

Kemenristekdikti tingkatkan kualitas SDM pranata laboratorium

Pembukaan Bimtek dan Pelatihan Fungsional PLP PTN se-Indonesia di Palembang. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Untuk meningkatkan kualitas SDM pranata laboratorium pendidikan, Direktorat Jenderal Sumberdaya Iptek Dikti akan mengusahakan "shorterm training" ke luar negeri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi terus berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pranata laboratorium pendidikan untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar di kampus.

Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) pranata laboratorium pendidikan, Direktorat Jenderal Sumberdaya Iptek Dikti akan mengusahakan "shorterm training" ke luar negeri, kata Direktur Karier dan Kompetensi Pendidik Kemenristekdikti Bunyamin Maftuh pada acara Bimtek dan Pelatihan Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) di Palembang, Rabu.

Selain itu, pihaknya juga berupaya memberikan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) jenjang master (S2).

Kemudian melanjutkan Bimtek dan Pelatihan Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang pada 2016 ini memasuki gelombang VI, katanya.

Dia menjelaskan, pranata laboratorium pendidikan di perguruan tinggi memiliki peran yang besar dalam mencetak sarjana yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi.

Melihat besarnya peranan PLP, secara bertahap akan dibekali dengan wawasan tentang substansi tugas pokok PLP di laboratorium, manajemen laboratorium, peraturan perundang-undangan terkait PLP, serta hal-hal administrasi kepegawaian lainnya dalam rangka mendukung jenjang karier PLP sebagai salah satu tenaga kependidikan di perguruan tinggi.

Memberikan sertifikat tingkat ahli kepada pranata laboratorium pendidikan sebagai bukti kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas.

Melalui berbagai upaya itu diharapkan jenjang karier PLP dapat meningkat, dan menjadi ujung tombak pada setiap instansi pendidikan serta mampu meningkatkan kualitas lembaga dan lulusan peserta didiknya, kata Bunyamin.