KAI Sumsel Sediakan 19.222 Tiket Idul Adha

id tiket, pt kai

KAI Sumsel Sediakan 19.222 Tiket Idul Adha

Petugas loket tiketting kereta api di Stasiun Kertapati Palembang sedang melakukan pelayanan penjualan tiket secara online kepada pengguna jasa angkutan kereta api kelas ekonomi. (Foto: antarasumsel.com/Feny Selly/16/Parni)

....Puncak keberangkatan penumpang kereta api Divre III Sumsel diperkirakan dua hari dan sehari menjelang Idul Adha, karena pada hari itu bertepatan dengan akhir pekan dan libur menjelang Idul Kurban....
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Sumatera Selatan menyiapkan 19.222 tiket untuk semua kelas pada keberangkatan lima hari menjelang hingga satu hari setelah Idul Adha 2016.

"Penyediaan tiket kereta api dari Stasiun Kertapati tujuan Tanjung Karang dan Lubuk Linggau itu dalam rangka menyambut Idul Adha 1437 Hijriyah," kata Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel, Aida Suryanti di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan, setiap hari PT KAI menyiapkan 2.746 tiket untuk semua relasi dan semua jurusan. Untuk dua hari menjelang dan sehari setelah Idul Adha kereta ekonomi relasi Kertapati - Tanjungkarang sudah habis terjual, sedangkan kelas bisnis dan eksekutif masih tersedia.

Pemesanan dapat dilakukan di Website Kereta Api, gerai-gerai supermarket tertentu, KAI Access, Contact Centre 121 atau agen-agen penjualan tiket yang telah ditunjuk.

Sementara, puncak keberangkatan diperkirakan dua hari dan sehari menjelang Idul Adha, karena pada hari itu bertepatan dengan akhir pekan dan libur menjelang Idul Kurban.

Sedangkan harga tiket untuk kelas eksekutif dan bisnis tetap mengacu pada tarif batas bawah dan tarif batas atas, yakni kelas eksekutif dari Stasiun Kertapati tujuan Tanjung Karang (Lampung), Rp160 ribu (batas bawah) dan Rp190 ribu (batas atas), kelas bisnis tarif batas bawah Rp135 ribu dan batas atas Rp150 ribu.

Selanjutnya dari Stasiun Kertapati tujuan Lubuk Linggau (Sumsel) kelas eksekutif tariff batas bawah Rp140 ribu dan Rp170 ribu (batas atas), kelas bisnis tariff batas bawah Rp100 ribu dan Rp130 ribu (batas atas).

Sedangkan kereta ekonomi relasi Kertapati - Tanjungkarang dan Kertapati - Lubuklinggau tarifnya sama yaitu Rp32 ribu.

Ia menjelaskan, penumpang telah memiliki kode booking dari transaksi pemesanan tiket sesuai dengan identitas penumpang yang berangkat dapat melakukan Check In Mandiri (CIM) pada mesin CIM di stasiun-stasiun telah menyediakan mesin CIM, dan akan mendapat boarding pass.

Ia mengimbau, para penumpang untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan barang bawaan berlebihan, karena kelebihan bagasi akan dikenakan biaya tambahan untuk kelas eksekutif Rp10.000, bisnis Rp 6.000 dan ekonomi Rp 2.000 per kilogramnya dilakukan demi kenyamanan penumpang.