Presiden bertemu dengan Wakil Putra Mahkota Arab Saudi

id presiden,, jokowi, bertemu wakil putra mahkota arab saudi, arab saudi akan investasi besar besaran ke indonesia, mega invesment

Presiden bertemu dengan Wakil Putra Mahkota Arab Saudi

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

...Pangeran Mohammed menyampaikan Arab Saudi ingin melakukan investasi besar-besaran ke Indonesia...
Hangzhou (ANTARA Sumsel) - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, dan Wakil Putra Mahkota Pangeran Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud di Hangzhou, Tiongkok, Minggu.
       
Dalam pertemuan bilateral ini, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
       
Pangeran Mohammed bin Salman bersama rombongan tiba di Hotel Dahua Boutique, tempat menginap Presiden selama berada di Hangzhou-Tiongkok, pada pukul 12.00 waktu setempat.
       
Menlu Retno mengatakan ada dua hal yang dibicarakan oleh Presiden dan Pangeran Mohammed, yakni kerja sama ekonomi dan kuota haji.
       
Retno mengungkapkan Pangeran Mohammed menyampaikan bahwa Arab Saudi ingin melakukan investasi besar-besaran ke Indonesia.
       
"Istilah yang beliau sampaikan tadi mega investment," kata Retno.
       
Ada tiga bidang yang ingin kerja sama Arab Saudi dan Indonesia adalah bidang refaneri, penyedian rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan pariwisata.
        
"Terhadap kerja sama bidang ekonomi ini Arab Saudi menunjuk Ahmad Al Katif untuk membicarakan kerja sama dengan Indonesia," katanya.
        
Sedangkan masalah haji, Presiden meminta tambahan kuota dan bisa menggunakan kuota negara lain.
        
Retno mengungkapkan Presiden menyampaikan bahwa antrean haji di beberapa provinsi di Indonesia ada yang menunggu hingga 20 tahun.
        
Atas permintaan itu, kata Retno, Pangeran Mohammed akan menugaskan Menlu Arab Saudi untuk berbicara dengan dirinya.
        
Retno juga mengungkapkan Raja Saudi Arabia berencana melakukan kunjungan ke Indonesia untuk membicarakan kerja sama tersebut.