Persiba tak permasalahkan perubahan jadwal lawan Sriwijaya

id persiba, sfc, sriwijaya fc, sepak bola, jadwal pertandingan, indonesia Soccer Championship 2016, jakabaring

Persiba tak permasalahkan perubahan jadwal lawan Sriwijaya

Para pemain Sriwijaya FC saat mengikuti latihan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (9/4). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Balikpapan (ANTARA Sumsel) - Persiba Balikpapan tidak mempermasalahkan perubahan jadwal pertandingan Indonesia Soccer Championship 2016 melawan Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring Palembang yang dimajukan sehari dari sebelumnya pada 4 September.

"Kita akan main di Palembang pada Sabtu, tanggal 3 September," kata pelatih Persiba Jaino Matos ketika ditemui di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu.

Perubahan jadwal itu terkait digelarnya pertandingan persahabatan antara Tim Nasional Indonesia melawan Malaysia pada 6 September 2016, sesuai surat dari PT Gelora Trisula Semesta selaku operator kompetisi.

Jadwal ISC lain yang turut dimajukan antara lain pertandingan PS TNI lawan Bhayangkara Surabaya United dan Semen Padang lawan Persija Jakarta.

Menurut Jaino Matos, jadwal pertandingan yang dimajukan sehari sedikit memotong masa istirahat para pemainnya, kendati hal itu tidak menjadi masalah.

"Untuk itu, saya ingatkan anak-anak untuk disiplin, istirahat maksimal setiap waktu istirahat agar kondisi selalu terjaga. Itu juga bagian dari profesionalisme pemain," tegasnya.

Persiba terakhir berlaga melawan PS TNI pada Senin (29/8) di Stadion Parikesit Balikpapan. Pada laga itu, Jaino Matos diusir wasit Mustafa Umarella di menit ke-80, karena masuk lapangan tanpa izin wasit.

Matos masuk lapangan setelah melihat pemainnya Frengky Turnando dijatuhkan secara kasar oleh pemain PS TNI.

Laga itu juga diwarnai kartu merah dari wasit Umarella kepada pemain PS TNI Syaiful setelah mendapatkan dua kali kartu kuning.

"Untung kita menang. Anak-anak memberikan segenap kemampuan mereka lebih dari 100 persen," kata Matos, menanggapi hasil laga sebelumnya.

Persiba menang 2-0 atas PS TNI lewat gol yang dicetak Herry Susanto pada menit ke-7 dan Siswanto menit ke-75. Tim Beruang Madu menutup putaran pertama ISC dengan menempati peringkat ke-9 klasemen.

Menurut Matos, hasil putaran pertama dengan berada di papan tengah sudah cukup bagus, mengingat Persiba hanya memiliki waktu dua minggu untuk membangun tim menghadapi kompetisi ISC.

"Kita memang mengalami masa-masa sulit di awal, tapi anak-anak ingin maju, ingin menang. Lihat, kita dari papan bawah, susah menang, sekarang bisa mengumpukan 22 poin, hasil enam kali menang dan empat kali seri. Kita juga bisa menang di kandang lawan setelah rentetan hasil seri. Saya salut perjuangan anak-anak," kata Jaino Matos.