Gubernur Sumsel pastikan pembangunan infrastruktur tetap jalan

id Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, APBN, Pembangunan, Asian Games, dana

Gubernur Sumsel pastikan pembangunan infrastruktur tetap jalan

Dua orang pekerja melakukan pengerjaan awal pengeboran tiang pancang pembangunan proyek kereta api ringan / Light Rail Transit (LRT) di Jalan Kol H Barlian Km 6,5 Palembang, Sumsel (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memastikan pembangunan infrastruktur didaerahnya tetap berjalan sesuai rencana meski terjadi pemangkasan dana APBN.

"Pembangunan di Sumatera Selatan tetap berjalan karena kami akan menggelar Asian Games," kata Alex di Palembang, Jumat.

Alex mengatakan pembangunan jalur kereta api dalam kota "light rail trail" tetap berjalan sesuai perencanaan, demikian juga dengan jalan tol Palembang-Inderalaya, dan Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI.

"Justru infrastruktur di Sumatera Selatan harus dikebut pengerjaannya karena Asian Games sebentar lagi," ucap Alex.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Palembang M Safri Nungcik menambahkan proyek pembagunan yang menjadi wewenang pemerinah kota juga tetap berjalan hingga kini.

"Saat ini Kota Palembang sedang membangun kawasan pejalan kaki dari jalan utama Pasar Cinde hingga ke Masjid Agung sebagai infrastruktur penunjang Asian Games," tuturnya.

Pemerintah melalukan penyesuaian pengeluaran APBN dengan memangkas belanja Kementerian Lembaga sebesar Rp65 triliun dan belanja transfer ke daerah Rp68,8 triliun.

Langkah itu diambil pemerintah karena memperkirakan ada potensi kekurangan penerimaan dari sektor pajak sebesar Rp219 triliun.

Selain itu, postur APBNP 2016 yang lebih realistis ikut menjadi basis penyusunan dari RAPBN 2017 agar pagu anggaran tersebut bisa menjawab tantangan perekonomian yang berpotensi mengganggu jalannya pembangunan nasional.