Dinas perikanan Sumsel sosialisasikan manfaat makan ikan

id Dinas Kelautan dan Perikanan, makan ikan, ikan, kabupaten, konsumsi ikan,protein, vitamin, Kepala Bidang Humas Pembinaan dan Informasi Data Dinas Kela

Dinas perikanan Sumsel sosialisasikan manfaat makan ikan

Ilustrasi - Pedagang sedang membersihkan ikan Dingkis (Siganus canaliculatus) di Pasar Pagi Mitra Raya, Batam. (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Susmel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan sepanjang 2016 gencar melakukan sosialisasi manfaat makan ikan kepada masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota provinsi setempat.

"Sosialisasi itu gencar dilakukan untuk lebih meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat provinsi setempat yang sekarang ini posisinya cukup tinggi yakni di atas rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional," kata Kepala Bidang Humas Pembinaan dan Informasi Data Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan Gamalda Israk, di Palembang, Rabu.

Kegiatan sosialisasi itu dilakukan dengan memasang spanduk di sejumlah tempat umum dan kegiatan masyarakat, melalui media massa cetak dan elektronik, serta memanfaatkan pertemuan dengan berbagai kelompok dan lapisan masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi itu, informasi yang disampaikan kepada masyarakat terutama mengenai kandungan protein, vitamin, dan zat lainnya yang bermanfaat bagi tubuh manusia, katanya.

Ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga.

Asam lemak omega tiga dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan, berdasarkan hasil penelitian para ahli dijelaskan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah, ujarnya

Menurut dia, tingkat konsumsi ikan masyarakat di provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu terus bergerak naik.

Dalam tiga tahun terakhir rata-rata setiap tahunnya terjadi peningkatan tingkat konsumsi satu kg/kapita, pada 2013 tingkat konsumsi ikan berada pada posisi 35 kg/kapita/tahun dan kini telah mencapai 38 kg/kapita/tahun.

Melihat kondisi tersebut dan berbagai upaya yang dilakukan tersebut, target tingkat konsumsi ikan di Sumsel 40 kg/kapita/tahun pada 2018 optimistis bisa dicapai dan tetap berada pada posisi melebihi rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional yang mencapai 36 kg/kapita/tahun, kata dia pula.